Sabtu, 20/04/2024 - 12:14 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Senjata-senjata yang Digunakan Dalam Perang di Ukraina

ADVERTISEMENTS

 Pada awal pekan ini Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mengungkapkan kekhawatirannya Cina mulai memberikan bantuan pada Rusia dalam perang di Ukraina. Meski laporan awal menyebutkan Cina hanya akan mengirimkan ‘bantuan tak mematikan’ tapi juga ada kemungkinan Beijing akan  menyediakan ‘dukungan mematikan’.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Walaupun sempat muncul laporan Rusia mulai kehabisan amunisi tapi serangan udara mereka belum juga berhenti. Sudah setahun penuh melancarkan serangan skala massif ke negara tetangga, senjata Rusia seakan tidak ada habisnya.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Sebagai produsen senjata Rusia tidak hanya memiliki banyak senjata dan amunisi tapi juga berbagai jenis dan kegunaan. Berdasar temuan di medan perang, Rusia tidak hanya menggunakan senjata-senjata produksi dalam negeri.

ADVERTISEMENTS

Prajurit Rusia juga membawa senapan-senapan yang diproduksi negara lain. Seperti submachine gun (SMG) Heckler & Koch MP5 produksi Jerman dan M1928 Thompson dan KRISS Vector dari AS. Meski SMG dalam negeri seperti PPSh-41, PPS-43, OTs-02 Kiparis, PP-2000, AEK-919K, PP-19 Bizon, PPK-20 Vityaz, PP-90, PP-90M1, PP-91 KEDR dan PP-93 tetap menjadi andalan.

Berita Lainnya:
AS-Inggris dan Yordania Cegat Drone dan Rudal Iran menuju Israel

Sementara shotgun yang digunakan prajurit Rusia semuanya produksi dalam negeri baik dari zaman Uni Soviet maupun Federasi Rusia. Seperti Saiga-12, KS-23K, TOZ-87, RMF-93 Rys-F, Molot Bekas-M, Vepr-12, MTs255, dan MTs 21-12. Begitu pula dengan senapan semi-otomatis, prajurit Rusia membawa SVT-40, SKS,  TOZ-78 dan Zastava M59/66.

Untuk bahan peledak seperti granat Rusia menggunakan produksi zaman Uni Soviet, seperti RG-41, F-1, RGO, RGD-5 dan RGN. Begitu pula dengan peluncurnya, GP-25 Kostyor, RGM-40 Kastet,  GM-94, AGS-17 Plamya, dan AGS-30 Atlant. Hanya yang terakhir yang diproduksi Federasi Rusia.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Mengusir imigran gelap sudah masuk agenda utama donald trump

Sistem artileri Rusia seperti peluncur roket dan recoilless rifle lebih variatif. Seri RPG banyak digunakan di Ukraina, mulai dari RPG-7, RPG-18 Mukha, RPG-22 Netto, RPG-26 Aglen, RPG-27 Tavolga, RPG-28 Klyukva, RPG-29 Vampir, dan RPG-30 Kryuk.

Rusia juga menggunakan SPG-9 Kopyo dan PSRL-1 yang merupakan salinan recoilless rifle AS. Tapi prajurit Rusia juga menggunakan Instalaza C90 produksi Spanyol,  M136 AT4 produksi Swedia, Panzerschreck milik Nazi Jerman, Panzerfaust 3 yang diproduksi Jerman modern, M72 LAW dari Amerika, M141 Bunker Defeat Munition dari Amerika, MATADOR (man-portable, anti-tank, anti-door) yang diproduksi Jerman, Israel dan Singapura, dan recoilless rifle Carl Gustaf 8.4 cm produksi Swedia.

 

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi