Jumat, 19/04/2024 - 19:11 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIFINANSIAL

BUMN Kuasai 22,5 Persen Pangsa Pasar Saham di Bursa

ADVERTISEMENTS

Karyawan berada di dekat papan pergerakan saham di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (10/2/2023) (ilustrasi). Perusahaan pelat merah dan anak usahanya menguasai hampir seperempat pangsa pasar saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Berdasarkan jumlah, total perusahaan tercatat dari BUMN dan entitas anak mencapai 37 emiten.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA — Perusahaan pelat merah dan anak usahanya menguasai hampir seperempat pangsa pasar saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Berdasarkan jumlah, total perusahaan tercatat dari BUMN dan entitas anak mencapai 37 emiten. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Yang luar biasa nilai kapitalisasi pasar di BEI sekitar 22,5 persen dikuasai oleh BUMN maupun enititas anak,” kata Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Iman Rachman, Jumat (24/2/2023).

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Kemnaker Siapkan Aturan Perlindungan dan Jaminan Sosial untuk Ojol

Iman memerinci, dari 37 perusahaan negara yang tercatat di BEI, 14 di antaranya berstatus BUMN dan 23 lainnya entitas anak BUMN. Dari sisi kapitalisasi pasar, porsi BUMN mendominasi sebesar 14,4 persen dan porsi anak usaha sebesar 3,14 persen. 

Emiten BUMN terbaru yang mencatatkan sahamnya di BEI yaitu PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE). Dalam gelaran IPO, perseroan melepas 10,35 miliar lembar saham atau setara 25 persen dari total modal ditempatkan dan disetor penuh.

Berita Lainnya:
Kilang Pertamina Plaju Targetkan Suplai Bensin 78.000 KL

Saat perdana diperdagangkan, kapitalisasi pasar emiten dengan kode saham PGEO ini tercatat mencapai Rp 36,22 triliun. Berdasarkan pengkategorian BEI, PGEO termasuk sebagai perusahaan big caps atau blue chip karena kapitalisasi pasarnya di atas Rp 10 triliun.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Secara anak perusahaan BUMN, pangsa pasar PGE berada di posisi keempat di bawah BRIS, ANTM dan MTEL,” kata Iman. 

Menurut Iman, Bursa akan mendukung perusahaan tercatat untuk mencapai kinerja terbaiknya, termasuk yang berstatus BUMN maupun anak usaha. Dengan demikian, perusahaan tercatat dapat memberikan kontribusi optimal kepada para pemegang saham.

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi