Kamis, 25/04/2024 - 17:46 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIFINANSIAL

Pengguna QRIS di Riau Bertambah 350 Ribu Orang

ADVERTISEMENTS

Per Desember 2022, tercatat jumlah pengguna QRIS di Indonesia mencapai 28,75 juta.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Rep: Febrian Fachri/ Red: Lida Puspaningtyas

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Jamaah melakukan donasi dengan menggunakan fitur QR Code pada aplikasi Muamalat DIN di kotak amal Masjid Al-Muamalah, Muamalat Tower, Jakarta, Kamis, (12/1/2023). Fitur QR Code Muamalat DIN dapat digunakan di merchant-merchant yang terhubung dengan QRIS seperti toko ritel, SPBU hingga kotak amal. PT Bank Muamalat Indonesia Tbk terus memperluas implementasi penggunaan QR Code sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan penetrasi pembayaran nontunai.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

PEKANBARU — Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Riau, Muhamad Nur, mengatakan bahwa sepanjang 2022, jumlah pengguna Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di Riau bertambah 350 ribu pengguna baru. Tahun ini, tambahnya, BI akan terus berupaya meningkatkan pengguna QRIS di Riau.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Wastoyo, Sosok Pahlawan Lokal Perhutanan Sosial CSR PGE Area Ulubelu

M Nur menyebut nilai atau volume transaksi QRIS di Riau sepanjang 2022 lalu sangat besar bisa meningkat hingga 125 persen.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Sementara untuk tahun ini, kita berharap volume transaksi bisa meningkat hingga di atas 20 persen,” kata Nur, Senin (27/2/2023).

Ia menjelaskan secara nasional, per Desember 2022, tercatat jumlah pengguna QRIS di Indonesia mencapai 28,75 juta. Jumlah tersebut bertambah 15,95 juta pengguna dibandingkan pada akhir tahun 2021.

Dari jumlah tersebut, mayoritas pengguna QRIS berada di Jawa, yakni 20,59 juta. Posisi kedua ditempati Sumatera dengan 4,75 juta pengguna QRIS hingga Desember 2022.  

Berita Lainnya:
Turki Batasi Ekspor, Israel Mengadu ke AS

Sebanyak 1.25 juta pengguna QRIS berada di Kalimantan. Ada pula 1,18 juta pengguna QRIS yang berlokasi di Sulawesi, Maluku, dan Papua. Sementara, pengguna QRIS paling sedikit berada di Bali dan Nusa Tenggara. Jumlahnya tercatat sebanyak 979.788 pengguna hingga akhir tahun lalu.

Selain itu, total pedagang (merchant) yang telah memakai QRIS tercatat sebanyak 22,7 juta merchant.

Menurut Nur, BI telah bekerja sama dengan bank sentral Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Jepang terkait interkoneksi QRIS. Dengan kerja sama tersebut, warga Indonesia bisa bertransaksi menggunakan QRIS saat pergi ke lima negara itu.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi