Jumat, 26/04/2024 - 04:35 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Revitalisasi Posyandu Bantu Pencegahan Stunting Lebih Optimal

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Kementerian Kesehatan menyatakan revitalisasi posyandu sebagai bagian dari transformasi layanan primer membantu tim pendamping keluarga (TPK) milik Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mencegah stunting pada anak lebih optimal. “TPK ini sudah pasti akan berhubungan dengan posyandu, karena mereka mendampingi keluarga yang berisiko stunting,” kata Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes Maria Endang Sumiwi dalam Siaran Sehat yang diikuti di Jakarta, Senin (27/2/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Ia menuturkan, posyandu sebuah lembaga di desa, di mana tiap kegiatansecara mendetail akan langsung bersentuhan dengan masyarakat desa. Indonesia saat ini telah memiliki sekitar 300 ribu posyandu dan 10.000 puskesmas yang tersebar di seluruh penjuru negeri.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Posyandu menjadi tempat untuk mendata semua pengukuran tumbuh kembang anak mulai dari berat badan hingga tinggi badannya. Setiap data akan di data di sana, sehingga TPK akan melekat di dalamnya, terlebih jika dikaitkan dengan percepatan penurunan angka stunting di Indonesia yang baru turun menjadi 21,6 persen pada 2022.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Senior Golkar Yakin Adanya Komunikasi Prabowo-Megawati Lewat Dasco dan Puan

Melalui posyandu, para TPK bisa memantau langsung kondisi kesehatan keluarga, di luar kunjungannya secara dari rumah ke rumah di sekitar area perumahan warga sekitar. “Kita ingin TPK menyatu dengan posyandu. Saling berinteraksi dan menyelesaikan masalah untuk anak-anak berisiko stunting. Yang terbaik, TPK harus terintegrasi juga dengan posyandu,” katanya.

ADVERTISEMENTS

Dalam melangsungkan transformasi layanan kesehatan primer, TPK juga akan semakin terbantu karena posyandu akan membagi tiap programnya berdasarkan siklus kehidupan seseorang, sehingga pemberian layanan semakin maksimal dan rinci. Bagi siklus ibu hamil dan balita misalnya, Kemenkes mulai membagikan alat antropometri untuk mengukur tumbuh kembang bayi ke seluruh posyandu, supaya semua data dapat diukur secara baik dan sesuai standar yang sama.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Hasto PDIP: Ternyata Kemajuan Era Jokowi karena Utang yang Sangat Besar

Hal lain yang disediakan adalah adanya pemeriksaan deteksi dini seperti pemeriksaan gula darah hingga pemeriksaan kadar Hemoglobin (Hb) guna mengetahui adanya anemia pada perempuan. Sesuai dengan fungsi posyandu, nantinya bersama para kader yang telah diperkuat kompetensinya keluarga akan mendapatkan sosialisasi seperti bahaya stunting atau penjelasan terkait buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA).

Maria menambahkan, posyandu merupakan ujung tombak dari pengentasan stunting dan pemantauan kesehatan keluarga. Sebab, katanya, posyandu menjadi tempat deteksi pertama kalinya anak terindikasi stunting melalui tumbuh kembangnya.

Dengan demikian, baik TPK maupun para kaderharus bersentuhan langsung dengan tiap keluarga dan mempunyai kompetensi yang sesuai standar, supaya semua anak bangsa dapat lahir sehat dan berkualitas.

“Posyandu merupakan ujung tombak agar dia bisa intervensi anak-anak stunting yang berat badannya tidak naik sesuai umurnya,” katanya.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi