Kamis, 25/04/2024 - 12:48 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Bank Dunia Perkirakan Turki Alami Kerugian Rp 522,234 Triliun Akibat Gempa

ADVERTISEMENTS

Tim penyelamat mencari korban selamat di antara puing-puing sebuah bangunan yang hancur akibat gempa hebat di Kahramanmaras, Turki.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 WASHINGTON — Bank Dunia pada Senin (27/2/2023) memperkirakan, kerugian akibat gempa dahsyat yang melanda Turki mencapai sekitar 34,2 miliar dolar AS atau setara Rp 522,234 triliun (kurs Rp 15.270 per dolar AS). Bank Dunia juga memperkirakan, gempa bumi akan memangkas setidaknya setengah poin persentase dari perkiraan pertumbuhan produk domestik bruto Turki sebesar 3,5 persen hingga 4 persen pada 2023.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Wakil Presiden Bank Dunia untuk Eropa dan Asia Tengah, Anna Bjerde, mengatakan, perkiraan nilai kerugian gempa di Turki setara dengan sekitar 4 persen dari hasil ekonominya pada 2021. Tetapi, nilai itu tidak termasuk dampak tidak langsung atau sekunder pada pertumbuhan ekonomi Turki atau gempa bumi terbaru seminggu yang lalu.  

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
PBB: Diskriminasi Rasial di Inggris Meningkat

“Pengalaman kami, kebutuhan rekonstruksi dapat mencapai dua hingga tiga kali lipat dari perkiraan kerusakan fisik langsung,” kata Bjerde.

ADVERTISEMENTS

Gempa bumi 6 Februari dengan magnitudo 7,8 dan 7,5 skala ritcher telah menewaskan lebih dari 44.300 orang di Turki. Gempa juga terasa hingga Suriah dan Lebanon. Bank Dunia mengatakan gempa bumi tersebut diikuti oleh lebih dari 7.500 gempa susulan, dan merupakan bencana terbesar yang menyerang Turki dalam lebih dari 80 tahun.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Kepada PM China Li Qiang, Prabowo Ingin Tingkatkan Hubungan Persahabatan

Laporan Global Rapid Post-Disaster Damage Estimation (GRADE) Bank Dunia memperkirakan, 1,25 juta orang kehilangan tempat tinggal karena kerusakan rumah mereka, atau keruntuhan total. Kerusakan terparah terjadi di 11 provinsi di Turki selatan yang memiliki tingkat kemiskinan tertinggi di negara itu. Wilayah itu menampung lebih dari 1,7 juta pengungsi Suriah, atau sekitar setengah dari total populasi pengungsi Suriah di Turki.

Bank Dunia telah memberikan bantuan segera sebesar 780 juta dolar AS untuk Turki dari dua proyek yang telah ada. Bank Dunia juga memberikan batuan  1 miliar dolar AS dalam proyek pemulihan darurat baru.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi