Sabtu, 20/04/2024 - 05:12 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Laporan IAEA Sebut Pengayaan Uranium Iran telah Mendekati Tingkat Senjata Nuklir

ADVERTISEMENTS

 WINA — Pengawas nuklir Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) sedang berdiskusi dengan Iran tentang asal partikel uranium yang diperkaya hingga kemurnian 83,7 persen. Kadar tersebut sangat dekat dengan tingkat untuk penggunaan senjata.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Partikel uranium yang telah diperkaya tersebut ditemukan di pabrik pengayaan Fordo, sebuah laporan oleh pengawas yang dikonfirmasi oleh Reuters pada Selasa (28/2/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Para diplomat mengatakan pekan lalu bahwa badan tersebut telah menemukan jejak di Pabrik Pengayaan Bahan Bakar Fordo (FFEP), tempat Iran memperkaya uranium hingga kemurnian 60 persen. Sementara kadar uranium murni untuk penggunaan senjata sekitar 90 persen. Meskipun ada lonjakan tingkat pengayaan dapat terjadi dan ini bisa saja tidak disengaja, tapi menurut pengawas lonjakan ini relatif besar.

ADVERTISEMENTS

Jejak itu ditemukan dalam produk dari dua kaskade yang saling berhubungan, atau kelompok, sentrifugal canggih di Fordo yang memperkaya hingga 60 persen. Badan Energi Atom Internasional (IAEA) menegur Iran dalam laporan sebelumnya karena membuat perubahan substansial pada kaskade tersebut tanpa memberitahukannya.

Berita Lainnya:
Rencana Pembunuhan Anak Pemimpin Hamas tak Dilaporkan ke Netanyahu, IDF Blunder Lagi?

“Mengenai asal partikel yang diperkaya di atas 60 persen U-235, yang diidentifikasi setelah penerapan konfigurasi kaskade baru di FFEP, diskusi dengan Iran masih berlanjut,” kata laporan rahasia IAEA kepada negara-negara anggota.

“Iran memberi tahu IAEA bahwa fluktuasi yang tidak diinginkan dalam tingkat pengayaan mungkin telah terjadi selama periode transisi pada saat menugaskan proses (60 persen) produk (di November 2022) atau saat mengganti tabung umpan,” tambahnya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Laporan itu juga mengatakan stok uranium yang diperkaya hingga 60 persen, yang diproduksi di dua lokasi, telah tumbuh sebesar 25,2 kg menjadi 87,5 kg sejak laporan triwulanan terakhir. “Total persediaan uranium yang diperkaya hingga tingkat itu dan tingkat yang lebih rendah diperkirakan mencapai 3.760,8 kg, ” kata laporan itu.

Berita Lainnya:
Serangkaian Serangan Israel ke Iran, dari Bom Hingga Virus

Menurut terminologi IAEA, sekitar 42 kg uranium yang diperkaya hingga kemurnian 60 persen adalah kuantitas signifikan, yang didefinisikan sebagai perkiraan jumlah bahan nuklir yang tidak dapat dikesampingkan untuk pembuatan alat peledak nuklir.

Namun, seorang diplomat senior memperingatkan bahwa dalam praktiknya diperlukan lebih dari 55 kg uranium yang diperkaya hingga 60 persen untuk membuat satu bom nuklir karena beberapa bahan terbuang selama pengayaan.

Iran pernah menyangkal tidak ingin membuat senjata nuklir dan mengatakan hanya ingin menguasai teknologi nuklir untuk penggunaan sipil.

Laporan triwulanan kedua tentang penyelidikan selama bertahun-tahun terhadap jejak uranium yang ditemukan di tiga situs yang tidak diumumkan di Iran. Ini juga dijadwalkan akan dilaporkan sebelum pertemuan Dewan Gubernur IAEA yang beranggotakan 35 negara minggu depan, laporan tidak akan dikeluarkan sampai akhir minggu ini, kata para pejabat IAEA.

 

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi