Selasa, 16/04/2024 - 14:48 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Direktur WHO Akui Dana untuk Pengungsi dan Penyintas Gempa Suriah Tidak Mencukupi

ADVERTISEMENTS

 BAB AL-HAWA — Kesedihan dirasakan Direktur Jennderal Badan Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus ketika ia berkunjung ke lokasi pengungsi Suriah yang juga tempat menampung para penyintas gempa dahsyat awal bulan lalu.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Dana yang tersedia dan akses penyeberangan perbatasan yang baru dibuka masih belum cukup untuk membantu warga yang sudah babak belur dilanda perang dan gempa di bagian barat laut Suriah,” kata kepala WHO pada Rabu, (1/3/2023).

ADVERTISEMENTS

Ia menambahkan, dirinya merasa terguncang dan sangat sedih ketika berkunjung ke wilayah lokasi gempa, yang juga dikuasai oleh kelompok pemberontak tersebut. Kepala Organisasi Kesehatan Dunia Tedros Adhanom Ghebreyesus berbicara kepada wartawan setelah mengunjungi sebuah rumah sakit di daerah itu, di mana lebih dari 4.000 orang tewas akibat gempa dahsyat bulan lalu itu.

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Diserang Iran, Netanyahu Langsung Mengadu ke Joe Biden

Menyusul gempa tersebut, Presiden Suriah Bashar al-Assad mengizinkan pembukaan dua akses penyeberangan lagi dengan Turki, sehingga totalnya menjadi tiga, untuk memungkinkan masuknya bantuan ke wilayah yang dikuasai oleh kelompok pemberontak bersenjata.

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah

Namun, ia mengakui tetap lebih banyak akses bantuan dan pendanaan, masih sangat dibutuhkan di sana, kata Ghebreyesus. “Saya kira kalaupun tersedia ada, tiga, tidak akan cukup. Setiap akses yang tersedia harus digunakan,” katanya kepada wartawan di Suriah.

Dia mengatakan dia tidak ingin berbicara pihak dengan otoritas lokal, bila kemungkinan bantuan datang melintasi garis depan dari zona yang dikuasai pemerintah. Badan-badan PBB lainnya dan kelompok bantuan internasional mengkritik pemberontak garis keras karena menolak pengiriman bantuan tersebut.

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah

PBB telah berjuang mengumpulkan dana untuk mengatasi situasi kemanusiaan perang saudara di Suriah, sebelum akhirnya memburuk ketika gempa bumi melanda, dan hanya mendapatkan setengah dari permohonan tahun 2022.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal
Berita Lainnya:
Suara Kemerdekaan Palestina Sudah Bergaung di Bandung 69 Tahun Lalu

Dikatakan PBB akan membutuhkan hampir 400 juta dolar AS, selama tiga bulan untuk tanggap darurat para penyintas yang selamat dari gempa di Suriah saja. Sedangkan zona yang dikuasai oposisi di barat laut menampung sekitar 4 juta orang pengungsi, banyak dari mereka mengungsi akibat konflik bersenjata di bagian lain tempat tanah air mereka.

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%

Sementara itu, rumah sakit di sana berada dalam kondisi yang sangat memprihatinkan, rusak terkena serangan udara selama bertahun-tahun dan menghadapi kekurangan peralatan medis yang cukup parah. PBB mengatakan kebutuhan bantuan Suriah sekarang berada pada titik terbesarnya sejak dimulainya konflik hampir 12 tahun lalu.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024

sumber : Reuters

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi