Sabtu, 20/04/2024 - 11:59 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Untuk Bertahan Hidup di Planet Venus, Ini Jurus NASA

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA—Para ilmuwan dan insinyur dari Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dan Badan Antariksa Eropa (ESA) bersiap untuk mengirim tiga misi baru ke Planet Venus. Mereka ingin tahu lebih banyak tentang Venus yang menyerupai Bumi dalam banyak hal, tetapi sangat berbeda.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Video terbaru NASA menyentuh beberapa aspek Venus yang mengerikan namun menarik. Pertama, ada efek rumah kaca yang tak terkendali. Selubung atmosfer setelah 24 kilometer terbuat dari karbon dioksida dan mengandung awan asam sulfat.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Planet kedua dari matahari ini menghasilkan suhu yang cukup panas untuk melelehkan timah. Direktur Ilmu Planet NASA, Lori Glaze mengatakan dalam video bahwa permukaan Venus bisa mencapai 480 derajat Celcius.

ADVERTISEMENTS

“Jadi ini  tempat yang gila, tapi sangat menarik. Kami benar-benar ingin memahami mengapa Venus dan Bumi ternyata sangat berbeda,” kata Glaze, dilansir dari Space, Kamis (2/3/2023).

Selain itu NASA juga telah bermitra dengan Advanced Thermal Batteries Inc. (ATB) untuk mengembangkan sumber daya suhu tinggi baru. Kemitraan ini untuk mengatasi masalah baterai pendarat di Venus.

Berita Lainnya:
Setelah Ingenuity, Bagaimana Ilmuwan Bisa Kembali Mencapai Langit Mars 

Kunci baterai baru ini menggunakan suhu ekstrem Venus untuk keuntungan pendarat, dalam bentuk garam cair dengan debit rendah. Bahan ini memiliki kerapatan daya yang cukup tinggi dan mudah disimpan serta dipelihara di Bumi, karena titik leleh garam yang tinggi berarti ia akan tetap padat dan tidak bertenaga di Bumi sambil mempertahankan potensi energinya selama bertahun-tahun.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Masalah utama dengan baterai garam cair yang sudah ada saat ini adalah tingkat pelepasan sendiri yang tinggi, yang disebabkan oleh reaksi elektrokimia internal. Ini membatasi penggunaan baterai termal normal dengan elektrolit garam cair hanya untuk beberapa jam penggunaan di venus. Menurut NASA, ATB baru-baru ini mengembangkan prototipe baterai 17 sel yang mampu membatasi reaksi internal yang menguras baterai untuk memperpanjang usia baterai secara signifikan.

Hal tersebut memungkinkan baterai ATB melepaskan tegangan antara 19 volt dan 25 volt selama 118 hari, hampir dua kali lipat kebutuhan daya operasional Long Lived In-situ Solar System Explorer (LLISSE), sebelum korosi mencapai ujung positif pada baterai secara signifikan. Hal ini memungkinkan baterai ATB melepaskan tegangan antara 19 volt dan 25 volt selama 118 hari, hampir dua kali lipat kebutuhan daya operasional LLISSE, sebelum korosi mencapai ujung positif pada baterai.

Berita Lainnya:
Bulan akan Punya Zona Waktu Sendiri, Apa Tujuannya?

“Demonstrasi teknologi baterai baru-baru ini, dengan arsitektur yang lebih baik dan elektrokimia self-discharge rendah, merupakan pencapaian besar yang mungkin tidak terpikirkan oleh banyak orang,” kata Kevin Wespanick, insinyur proyek ATB, dalam pernyataan NASA.

Masih perlu beberapa waktu sebelum NASA dapat merasa yakin bahwa baterai baru ini akan membuktikan dirinya cocok untuk lingkungan Venus yang keras, termasuk mengembangkan wadah dan pengemasan yang dapat menahan tekanan ekstrem dan sifat kaustik atmosfer Venus. Namun tampaknya rintangan terbesar yang harus diselesaikan LLISSE telah berhasil diatasi.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi