Sabtu, 20/04/2024 - 02:46 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Erick Thohir Sebut Gelar Honoris Causa Jadi Dorongan untuk Terus Mengabdi kepada Bangsa

ADVERTISEMENTS

MALANG — Menteri BUMN RI, Erick Thohir baru saja menerima gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Brawijaya (UB). Pemberian ini dilakukan di Gedung Samantha Krida, UB Kota Malang, Jumat (3/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Erick menilai gelar tersebut sebagai sebuah hal yang terus mendorongnya untuk mengabdi ke bangsa dan negara. “Yang selama ini saya lebih banyak di dunia usaha atau olahraga dan media,” kata Erick kepada wartawan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Namun karena saat ini memegang jabatan sebagai pejabat publik, maka dorongan untuknya kali ini sifatnya berbeda. Ia menargetkan agar kebijakan-kebijakan yang dibuatnya akan dapat memberikan efek baik untuk bangsa secara menyeluruh.

ADVERTISEMENTS

Pada kesempatan tersebut, dia mengucapkan apresiasi kepada UB karena gelar yang diberikan termasuk sebuah kehormatan baginya. “Bagi saya, ini adalah mengenai manajemen strategis. Sesuatu keilmuan saya sangat mendalami, yang sebelumnya saya mungkin sekolahnya di bidang bisnis saja,” jelas pria yang juga menjabat Ketua Umum PSSI tersebut.

Berita Lainnya:
Kementerian BUMN Beri Tiga Dukungan Kembangkan Ultramikro dan UMKM

Menurut dia, manajemen strategis menjadi penting mengingat saat ini akan menghadapi persaingan globalisasi. Kemudian startegi tersebut juga harus menjadi suatu operasi yang konkret. Dengan kata lain, hal tersebut tidak hanya menjadi  wacana.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Penganugerahan Gelar Doktor Honoris Causa UB, Hendi Subandi mengatakan, penganugerahan ini sudah melalui tahapan sesuai regulasi. “Dan sudah disetujui oleh Senat Akademik baik Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) maupun universitas,” kata Hendi.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Menurut dia, penganugerahan gelar kehormatan Doktor Honoris Causa kepada Erick Thohir dilihat dari berbagai aspek. Hal ini terutama kontribusi pemikiran pada bidang manajemen strategi melalui implementasi strategi transformasi bisnis di BUMN. 

Secara aktivitas akademik, Erick Thohir dinilai telah membuktikan dedikasinya dengan aktif berkontribusi dalam penyemaian ilmu pengetahuan. Hal ini dilakukan melalui forum-forum akademik baik di dalam maupun di luar negeri. Selain itu, di bawah kepemimpinannya, BUMN berhasil berkontribusi kepada negara untuk menghadapi pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Berita Lainnya:
Safari Ramadhan BUMN di Aceh, BSI Adakan Pasar Murah 1.000 Paket Sembako

Di bidang pendidikan, melalui CSR BUMN, Erick Thohir mendorong penyalurannya diperuntukkan bagi pendidikan. Hal ini terutama dalam pembangunan sarpras, beasiswa, dan bantuan kepada tenaga pendidik. Keberpihakan pada gender dan anak muda juga dianggap terbukti lewat komposisi di BUMN yang memperhatikan hal tersebut.

Dari sisi rekam jejak, Erick Thohir diklaim cukup disegani tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri. Situasi tersebut dapat dilihat melalui berbagai posisi dan jenjang kariernya yang selama ini telah dilampaui. “Pada tahun 2022, dia dinobatkan menjadi menteri terbaik,” ucapnya.

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi