Kamis, 25/04/2024 - 04:01 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Zelenskyy Minta Rusia Diadili di Pengadilan Internasional Atas Kejahatan Perang

ADVERTISEMENTS

Prajurit Ukraina menembak ke arah posisi Rusia di garis depan dekat Kherson, Ukraina selatan, Rabu, 23 November 2022.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 KIEV — Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy bertemu dengan Jaksa Agung Amerika Serikat (AS) Merrick Garland dan pejabat tinggi hukum Eropa pada Jumat (3/3/2023). Dia menyerukan agar Rusia menghadapi tuntutan internasional atas kejahatan perang.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Zelenskyy mengumumkan pertemuan di kota Lviv, Ukraina barat, ratusan kilometer dari garis depan perang, selama pidato video malamnya kepada negara. “Kami melakukan segalanya untuk memastikan bahwa Pengadilan Kriminal Internasional berhasil menghukum penjahat perang Rusia,” kata Zelenskyy merujuk pada pengadilan permanen untuk menuntut individual atas tindakan genosida, kejahatan terhadap kemanusiaan, dan kejahatan perang.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Kemlu Nyatakan tak Ada WNI dalam Daftar Korban Penembakan di Philadelphia

“Masalah utama dari semua pertemuan ini dan konferensi Lviv adalah akuntabilitas. Pertanggungjawaban Rusia dan kepemimpinannya bersifat pribadi, untuk agresi dan teror terhadap negara dan rakyat kami,” ujar presiden Ukraina itu.

ADVERTISEMENTS

Zelenskyy mengatakan, sejauh ini lebih dari 70 ribu kejahatan perang Rusia telah dicatat. “Namun, sayangnya, kami tidak mengetahui semua kejahatan saat ini. Sebagian besar wilayah kami masih diduduki dan saat ini kami tidak dapat memprediksi dengan andal berapa banyak kejahatan Rusia yang akan kami temukan setelah penjajah diusir,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Selain Garland, peserta lain dalam konferensi tersebut termasuk Jaksa Agung Inggris Raya Victoria Prentis, Jaksa Agung Spanyol Alvaro Garcia Ortiz, dan Komisaris Eropa untuk Kehakiman Didier Reynders.

Berita Lainnya:
Sekutu-sekutu NATO Ingin Kirim Lebih Banyak Bantuan ke Ukraina

Sementara itu, wakil juru bicara Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Farhan Haq mengatakan, staf kemanusiaan PBB melaporkan permusuhan intensif di dekat kota Bakhmut di Ukraina yang terkepung. Dia mengatakan, beberapa mitra kemanusiaan PBB di lapangan berfokus untuk mengevakuasi orang-orang yang paling rentan dari konflik.

Bakhmut telah menjadi fokus pertempuran sengit selama berbulan-bulan. Pasukan Rusia termasuk pasukan besar dari Wagner Group beringsut semakin dekat ke kota yang sebagian besar hancur. 

sumber : AP

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi