Sabtu, 20/04/2024 - 22:10 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Ditjen Imigrasi akan Luncurkan Visa Olahraga untuk Suporter Asing

ADVERTISEMENTS

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (kiri), Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) dan Ketua DPR Puan Maharani (kanan) menyapa penonton saat menghadiri Kejuaraan Dunia Perahu Motor F1 Powerboat (F1H2O) 2023 di Danau Toba, Balige, Sumatra Utara, Sabtu (25/2/2023). Dalam kunjungan tersebut mereka berharap event olahraga internasional perlu dijaga agar benar-benar mampu menjadi sumber daya tarik pariwisata nasional.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA — Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi telah mempersiapkan beberapa jenis visa baru untuk mempermudah kedatangan turis ke Indonesia, salah satunya visa olahraga atau visa sport yang ditujukan bagi para suporter asing

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Salah satunya visa olahraga. Jadi misalnya ada pertandingan di Indonesia, maka kalau mereka ingin mencari, kan ada jenisnya, supaya mereka mudah, di Google dicari gampang, mereka ‘browsing’ gampang, ya ‘visa sport’ kan,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Silmy Karim di Jakarta, Ahad (5/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Eva Daniawati Mahasiswi IPB Jadi Korban Tewas Kecelakaan Maut di Tol Cikampek Km 58, Warga Kuningan

Silmy mengungkapkan Indonesia menargetkan menjadi tuan rumah beberapa perhelatan olahraga kelas dunia, seperti Moto GP, Formula 1 (F1), dan Piala Dunia FIFA U-20.

Ajang olahraga internasional tersebut pasti akan menarik suporter dan penonton global. Momentum tersebut harus dimanfaatkan untuk menarik turis sebanyak-banyaknya.

Untuk memfasilitasi kedatangan para suporter tersebut, kata dia, maka Ditjen Imigrasi telah menyiapkan visa olahraga agar para suporter global tidak direpotkan dengan urusan dokumen keimigrasian.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Kalau misalnya suporterbingung kan nanti menghambat mereka datang ke Indonesia sehingga Indonesia kehilangan momentum untuk mendapatkan pemasukan dari pariwisata atau memanfaatkan kegiatan olahraga yang ada di Indonesia, jadi kita permudah dengan ‘visa sport’,” ujarnya.

Berita Lainnya:
Warga Blokir Akses Menuju Lokasi Penampungan Pengungsi Rohingya di Kuala Parek

Ia mengatakan Kementerian Hukum dan HAM telah menyiapkan sejumlah visa lain dalam rangka mempermudah urusan keimigrasian, namun tidak menjelaskan visa apa saja yang akan diluncurkan.

Namun Silmy mengatakan visa olahraga dan visa-visa lainnya akan diluncurkan bulan ini.

“Dalam waktu dekat, bulan Maret 2023, lagi diatur dalam sistem supaya mempermudah orang yang ‘apply’. Jadi bulan ini, sebelum 100 hari ada beberapa visa baru yang akan kita luncurkan untuk orang asing,” ujarnya.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi