Sabtu, 20/04/2024 - 01:31 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Gubernur: Potensi Bencana Alam di Lampung Cukup Banyak

ADVERTISEMENTS

BANDAR LAMPUNG – Untuk langkah pencegahan perubahan iklim, Pemprov Lampung telah berkoordinasi dengan Tim SAR untuk menghadapi terjadinya bencana alam di Lampung. Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyatakan, wilayah Lampung berpotensi cukup banyak adanya bencana alam.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Lampung ini memang daerah yang memiliki potensi bencana alam cukup banyak,” kata Gubernur Lampung Arinal Djunaidi di Bandar Lampung, Senin (5/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Ia mengatakan, potensi bakal terjadinya bencana alam di wilayah Lampung diantaranya banjir, longsor, dan gempa bumi. Untuk itu, pemprov beserta jajaran di kabupaten/kota akan melakukan langkah pengendalian dan pencegahan potensi terjadinya bencana alam di berbagai daerah.

ADVERTISEMENTS

Salah satunya, kata Gubernur, dengan menyiapkan tim SAR di wilayah dengan potensi bencana alam yang cukup tinggi. Selain itu, memberikan edukasi kepada masyarakat dalam penanganan dini bila terjadi bencana alam. “Kita harus beri informasi ke masyarakatnya. Jangan sampai saat bencana terjadi mereka tidak tahu cara menghadapinya,” katanya.

Berita Lainnya:
Diam-diam PHK Pabrik Tekstil RI Makan Korban 1 Juta Orang Pekerja

Menurut dia, semua daerah walaupun terdapat minim potensi bencana alam besar, tetap masyarakatnya diberikan edukasi kebencanaan dengan melakukan upaya pencegahan dan meningkatkan kewaspadaan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Rudy Sjawal Sugiarto mengatakan, upaya penanggulangan bencana alam lebih menekankan pada sisi edukasi kebencanaan, yakni kesiapsiagaan dan kewaspadaan masyarakat dari responsif menjadi proaktif.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Menurut dia, sekarang ini perlu digencarkan edukasi kebencanaan di masyarakat dan sosialisasi sistem pencegahan dini dalam menghadapi terjadi bencana alam.

Terkait dengan perubahan iklim, dia mengatakan maka akan terjadi bencana umum yakni banjir dan tanah longsor, angin puting beliung, dan juga kebakaran hutan dan lahan.

Berita Lainnya:
Cegah Pendatang, Pemprov DKI Harus Informasikan Minimnya Peluang Kerja

BPBD Lampung mendata terjadi tujuh daerah rawan bencana alam, yakni Kota Bandar Lampung, Kabupaten Lampung Barat, Pesisir Barat, Pesawaran, Lampung Selatan, Lampung Timur, dan Tulangbawang.

Dalam menghadapi bencana alam, BPBD Lampung telah menyiapkan stok bahan pokok seperti makanan cepat saji seperti beras, mi instan, sarden yang tersedia dalam buffer stock (stok penyanggah) siap dikirimkan ke daerah bencana. BPBD juga telah menyiapkan 30 personel dalam 24 jam ketika terjadi bencana alam. Jumlah tersebut akan ditambah lagi saat terjadi perpindahan musim dari hidrometeorologi ke musim kering, yang berdampak pada kebakaran hutan dan lahan. 

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi