Sabtu, 20/04/2024 - 07:03 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Sandiaga Ingatkan Wisatawan Asing di Bali Patuhi Aturan dan Norma

ADVERTISEMENTS

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengingatkan wisatawan mancanegara mematuhi segala peraturan perundang-undangan serta norma-norma yang ada selama berlibur di Indonesia. (ilustrasi)

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno secara tegas mengingatkan wisatawan mancanegara mematuhi segala peraturan perundang-undangan serta norma-norma yang ada selama berlibur di Indonesia. Pernyataan ini merespons fenomena banyaknya wisatawan asing di Bali yang melakukan pelanggaran, khususnya lalu lintas.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Kita sangat terbuka untuk wisatawan mancanegara kita gelar karpet merah, tapi mereka harus mematuhi segala peraturan perundang-undangan segala norma-norma yang ada,” kata Sandiaga dalam The Weekly Brief with Sandi Uno yang dipantau secara di Jakarta, Senin (6/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Presiden Ikut Tertawa saat Sandiaga Dicandai Bahlil Soal PPP tak Tembus 4 Persen

Tentu, lanjut dia, pemerintah akan mengambil tindakan tegas jika mereka melanggar hukum dan kita akan pastikan wisatawan bisa berkegiatan pariwisata secara aman nyaman dan menyenangkan. Sandi turut mengingatkan kepada para pelaku usaha di Bali yang menyewakan kendaraan bermotor untuk memastikan konsumen mematuhi peraturan lalu lintas termasuk untuk tidak mengganti plat motor sewaan yang dilakukan segelintir oknum turis.

Menurut dia, harus ada juga sanksi sosial kepada para pelaku usaha yang tidak mematuhi atau tidak berhasil meyakinkan penyewanya untuk ikut dalam koridor hukum. “Kami koordinasi dengan parekraf Bali, dengan GP melalui Bali Tourism Board bahwa kami sedang siapkan surat keputusan Satgas terkait penanganan situasi keamanan masyarakat di provinsi Bali dalam konteks kegiatan para wisatawan. Ini tentunya akan berdampak terhadap wisatawan berkualitas,” imbuhnya.

Berita Lainnya:
Pemudik Pejalan Kaki Padati Terminal Pelabuhan Bakauheni pada H+2 Menuju Merak

Langkah yang bakal dilakukan adalah menyosialisasikan hal yang diperbolehkan dan dilarang (do’s and dont’s) serta menjaga dan menghormati norma agama adat istiadat budaya nilai-nilai hidup yang ada di masyarakat setempat. Sandi pun tak segan, apabila upaya tersebut tak digubris, pihaknya memulangkan para wisatawan yang kerap melanggar hukum di Indonesia dengan melaporkan ke kedutaan negara terkait serta menempuh jalur deportasi sebagai langkah tegas.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Kegiatan wisatawan mancanegara yang tidak tertib, lanjutnya, turut berdampak terhadap pariwisata yang berkualitas. Karena wisatawan lain juga akan sangat terganggu dengan kelakuan wisatawan yang melanggar hukum.

 

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi