Minggu, 21/07/2024 - 09:25 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

13 Kota di Cina Alami Peningkatan Polusi

Polusi udara. Ilustrasi

 BEIJING — Sebanyak 13 kota di Cina utara yang mengelilingi ibu kota Beijing telah mengeluarkan peringatan polusi selama beberapa hari terakhir. Status ini meningkatkan kekhawatiran bahwa pemulihan industri di wilayah tersebut meningkatkan tingkat kabut asap.

Seluruh kota tersebut, termasuk Tianjin dan Tangshan yang merupakan pusat pembuatan baja terbesar di Cina telah mengeluarkan peringatan polusi berat ‘oranye’ pada Ahad (5/3/2023). Menurut keterangan Pusat Penelitian Gabungan Nasional untuk Mengatasi Masalah Utama dalam Pengendalian Polusi Udara (NJRC), status itu merupakan peringatan tertinggi kedua.

Berita Lainnya:
China Sanksi Lockheed Martin karena Suplai Senjata ke Taiwan

Peringatan oranye berarti indeks kualitas udara rata-rata (AQI) tiga hari telah meningkat di atas 200, diklasifikasikan sebagai “polusi berat”. Status itu biasanya memicu penutupan industri atau pengurangan produksi di bawah peraturan Cina.

Beijing  belum mengeluarkan peringatan. Namun AQI kota itu telah mencapai 230 pada Ahad malam dan naik di atas 200 lagi pada Senin (6/3/2023).

Kualitas udara di wilayah yang biasanya rawan asap seperti Beijing, Tianjin, dan Hebei telah meningkat tajam dalam beberapa tahun terakhir. Kondisi ini sebagai hasil dari “perang melawan polusi” sejak 2014, yang melibatkan penutupan dan relokasi pabrik industri serta peningkatan standar emisi.

Berita Lainnya:
Kudeta Gagal Terhadap Presiden Bolivia Berakhir pada Ditangkapnya Jenderal Zuniga

NJRC mengatakan, lonjakan baru-baru ini didorong oleh peningkatan aktivitas industri. Pabrik baja dan semen beroperasi pada tingkat yang lebih tinggi, ditambah lalu lintas truk diesel juga meningkat. Diperkirakan kabut asap akan bertahan hingga 10 Maret.

Cina telah berusaha untuk menghidupkan kembali ekonominya sejak mencabut pembatasan ketat Covid-19 pada akhir tahun lalu. Keputusan ini meningkatkan kekhawatiran bahwa polusi dapat dibiarkan terus meninggi. 

sumber : Reuters

Sumber: Republika


Reaksi & Komentar

قَيِّمًا لِّيُنذِرَ بَأْسًا شَدِيدًا مِّن لَّدُنْهُ وَيُبَشِّرَ الْمُؤْمِنِينَ الَّذِينَ يَعْمَلُونَ الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ أَجْرًا حَسَنًا الكهف [2] Listen
[He has made it] straight, to warn of severe punishment from Him and to give good tidings to the believers who do righteous deeds that they will have a good reward Al-Kahf ( The Cave ) [2] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi