Sabtu, 20/04/2024 - 02:23 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIPERTANIAN

Gapki Kembangkan Diplomasi dan Komunikasi Internasional

ADVERTISEMENTS

Pekerja memindahkan buah sawit yang baru dipanen dari truk kecil ke truk yang lebih besar di perkebunan kelapa sawit di Deli Serdang, Sumatra Utara, Indonesia, 23 Mei 2022 (ilustrasi). Ketua Bidang Komunikasi Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Tofan Mahdi mengatakan, Gapki itu terus mengembangkan diplomasi dan komunikasi internasional untuk menghadapi tantangan masa depan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

SURABAYA — Ketua Bidang Komunikasi Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Tofan Mahdi mengatakan, Gapki itu terus mengembangkan diplomasi dan komunikasi internasional untuk menghadapi tantangan masa depan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Tofan dalam keterangan yang diterima di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (7/3/2023), menyebutkan, salah satu tantangan yang paling mencolok adalah sikap dan perlakuan beberapa negara Eropa yang dinilai tidak adil terkait dengan perdagangan internasional. “Aspek komunikasi keluar negeri harus didukung aktivitas diplomasi yang kuat,” kata Tofan.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Jelang Mudik, KAI Ingatkan Kembali Larangan Merokok di Atas Kereta

Menurut Tofan, pemberitaan sawit di dalam negeri sudah jauh lebih baik dibandingkan 10 tahun lalu. Berita negatif sawit di dalam negeri jauh berkurang dan kecenderungan ke arah berita positif semakin tinggi.

Kondisi ini, sambung Tofan, tidak lepas dari aktivitas komunikasi yang dijalankan Gapki dalam 10 tahun terakhir. “Tantangan besar kita sekarang justru bagaimana memberikan pemahaman yang lebih baik untuk masyarakat internasional. Karena itu, aspek diplomasi luar negeri harus ditingkatkan agar memberikan dampak yang lebih baik,” ujarnya.

Selain itu, mempertahankan komunikasi positif yang sudah dijalankan oleh Gapki, sekarang adalah keharusan. Bahkan kalau perlu ditingkatkan ke tingkat yang lebih tinggi karena kontribusi industri sawit terhadap devisa negara sangat signifikan.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
RI akan Adu Data Tutupan Hutan Hadapi Regulasi Deforestasi Eropa

“Sekarang bagaimana dampak berita positif di dalam negeri ini juga terjadi di tingkat internasional,” ujarnya.

Tofan menilai sekarang saatnya diplomasi diperkuat dengan dukungan diplomasi dan komunikasi luar negeri yang lebih efektif.b”Kalau persepsi positif dari dunia internasional kita dapatkan, dampaknya terhadap industri sawit dalam negeri akan signifikan,” kata dia.

Dia pun berharap Musyawarah Nasional (Munas) Gapki pada 8-11 Maret 2023 di Bali dapat merumuskan strategi diplomasi dan komunikasi internasional yang lebih efektif. Munas Gapkivdiharapkan menghasilkan yang terbaik untuk kontribusi yang lebih besar bagi bangsa dan negara.

 

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi