Jumat, 19/04/2024 - 10:04 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Penguatan Hubungan dengan Negara Muslim Jadi Prioritas Kebijakan Rusia

ADVERTISEMENTS

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan, penguatan hubungan dengan negara-negara Muslim menjadi salah satu prioritas kebijakan luar negeri Rusia. Dia menyebut, Moskow berbagi kesamaan pandangan dengan dunia Islam soal pembentukan tatanan dunia yang multipolar.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 MOSKOW – Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan, penguatan hubungan dengan negara-negara Muslim menjadi salah satu prioritas kebijakan luar negeri Rusia. Dia menyebut, Moskow berbagi kesamaan pandangan dengan dunia Islam soal pembentukan tatanan dunia yang multipolar.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Rusia mempertahankan hubungan yang baik, jujur, dan saling menghormati dengan negara-negara dunia Islam. Penguatan lebih lanjut (hubungan) mereka adalah salah satu prioritas berkelanjutan dari kebijakan luar negeri Rusia,” kata Lavrov saat menghadiri pertemuan Russia-Islamic World Strategic Vision Group, Senin (6/3/2023), dikutip laman kantor berita Rusia, TASS.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
KDEI Taipei Kunjungi WNI Terdampak Gempa Bumi Taiwan

Menurut Lavrov, Rusia dan negara-negara Islam sama-sama berkomitmen terhadap dunia yang demokratis. “Kita dipersatukan oleh komitmen kita terhadap keragaman budaya dan peradaban masyarakat di planet ini serta hak mereka untuk menentukan jalur pembangunan politik, sosial, dan ekonomi mereka sendiri,” ucapnya.

Tak hanya itu, dia menilai, Moskow dan dunia Islam pun sama-sama menginginkan tatanan dunia yang multipolar. “(Rusia) bersama dengan teman-temannya dari negara-negara Muslim bersikeras pada pembentukan tatanan dunia multipolar yang lebih adil dan lebih demokratis, yang didasarkan pada prinsip-prinsip Piagam PBB. Kami menolak nilai-nilai ultraliberal yang ingin diterapkan secara agresif oleh kolektif Barat,” ujar Lavrov.

Berita Lainnya:
Pedro Sanchez Sebut Spanyol Berencana Akui Negara Palestina Bulan Juli

Agenda pembahasan dalam pertemuan Russia-Islamic World Strategic Vision Group beragam, mencakup dialog lintas-agama, hubungan perdagangan dan ekonomi, serta proses perdamaian. Dalam pertemuan itu pun biasanya dibahas soal nilai-nilai budaya dan etika tradisional serta prospek pengembangan dan implementasi program bersama.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi