Selasa, 16/04/2024 - 21:01 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIFINANSIAL

Perdagangan Cina Merosot karena Permintaan Global Tersendat

ADVERTISEMENTS

Dalam foto yang dirilis oleh Xinhua News Agency, sebuah kapal kontainer dari Jepang berlabuh di dermaga kontainer Pelabuhan Yangshan Shanghai di China timur pada 27 April 2022. Ekspor China untuk periode Januari-Februari 2023 mengalami peurunan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

 BEIJING — Ekspor China untuk periode Januari-Februari 2023 mengalami peurunan. Ini menunjukkan berlanjutnya pelemahan permintaan asing dan mendukung kekhawatiran pemerintah bahwa pelambatan global akan menghambat pemulihan negara dari kerusakan era pandemi.

ADVERTISEMENTS

Data pemerintah pada Selasa (7/3/2023) menunjukkan impor turut mengalami penurunan. Ini mencerminkan lemahnya permintaan luar negeri, karena negara tersebut membawa suku cadang dan bahan dari luar negeri untuk sebagian besar ekspornya.

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah

“Mengingat tingginya inflasi di AS dan Eropa, permintaan dari sana akan terus melemah, yang juga mengurangi permintaan pemrosesan di China,” kata Iris Pang, kepala ekonom Greater China di ING.

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Sore Ini, Prabowo Temui Xi Jinping di China

Ekspor pada bulan Januari dan Februari 6,8 persen lebih rendah dari tahun sebelumnya, setelah penurunan tahunan sebesar 9,9 persen yang terlihat pada bulan Desember. Hasilnya, bagaimanapun, lebih baik dari ekspektasi rata-rata dalam jajak pendapat Reuters untuk penurunan 9,4 persen.

Impor 10,2 persen lebih lemah, hasil yang lebih buruk dari pada bulan Desember, ketika mereka 7,5 persen lebih rendah dari tahun sebelumnya.

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah

“Data tersebut muncul akibat memburuknya permintaan barang global, mengingat penurunan ekspor tidak hanya terjadi di China, tetapi juga di antara eksportir besar Asia lainnya, seperti Korea Selatan dan Vietnam,” kata Xu Tianchen, ekonom dan Economist Intelligence Unit, mengacu pada data terkini lainnya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal
Berita Lainnya:
Soal Harga Gas Khusus Industri, Sri Mulyani Utamakan Kesehatan APBN

Penurunan 26,5 persen dalam impor semikonduktor China menunjukkan pasar yang menyusut untuk ekspor elektronik konsumen yang digunakan untuk membuat suku cadang tersebut.

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%

China telah menetapkan target pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) tahun ini sekitar 5 persen, setelah pengendalian pandemi yang parah tahun lalu membuat ekonomi terpuruk ke salah satu tingkat paling lambat dalam beberapa dekade. PDB tahun lalu hanya naik 3 persen dari tahun 2021.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024

Menteri Perdagangan Wang Wentao pada hari Kamis memperingatkan bahwa tekanan pada impor dan ekspor China akan meningkat secara signifikan tahun ini, karena risiko resesi global dan melemahnya permintaan eksternal.

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi