Sabtu, 20/04/2024 - 17:58 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

UNDP: Kerusakan Akibat Gempa Turki Capai 100 Miliar Dolar AS

ADVERTISEMENTS

UNDP memprediksi, biaya pemulihan pasca-gempa dapat melampaui angka kerusakan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nidia Zuraya

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Gempa Turki (ilustrasi). The United Nations Development Program (UNDP) mengatakan, kerusakan yang dialami Turki akibat gempa bermagnitudo 7,8 yang mengguncang negara tersebut pada 6 Februari lalu mencapai lebih dari 100 miliar dolar AS.

ADVERTISEMENTS

 ANKARA – The United Nations Development Program (UNDP) mengatakan, kerusakan yang dialami Turki akibat gempa bermagnitudo 7,8 yang mengguncang negara tersebut pada 6 Februari lalu mencapai lebih dari 100 miliar dolar AS. UNDP memprediksi, biaya pemulihan pasca-gempa dapat melampaui angka kerusakan.

Berita Lainnya:
Lewat Rosatom, Rusia akan Kembangkan Teknologi Nuklir Medis di Nikaragua

“Sudah jelas bahwa hanya kerusakan saja akan berjumlah lebih dari 100 miliar dolar AS,” kata perwakilan UNDP, Louisa Vinton, saat berbicara dari Gaziantep, salah satu provinsi di Turki yang terdampak gempa, Selasa (7/3/2023).

Menurut dia, angka itu diperoleh dari perhitungan yang dilakukan Turki bersama UNDP, Bank Dunia, dan Uni Eropa. “Jelas dari perhitungan yang dilakukan sampai saat ini bahwa angka kerusakan yang disajikan oleh pemerintah (Turki) dan didukung oleh tiga mitra internasional akan lebih dari 100 miliar dolar AS,” ucap Vinton.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Vinton mengatakan, perkiraan tersebut akan menjadi dasar untuk konferensi donor pemulihan dan rekonstruksi gempa Turki di Brussels, Belgia, pekan depan. “Biaya pemulihan, termasuk upaya untuk membangun infrastruktur yang lebih baik dan lebih berkelanjutan,jelas akan melebihi jumlah itu (100 miliar dolar AS),” katanya.

Berita Lainnya:
Rumah Sakit Al Amal di Gaza Kembali Beroperasi

Menurut otoritas kebencanaan Turki, AFAD, sebanyak 45.089 orang tewas akibat gempa dahsyat yang mengguncang negara tersebut pada 6 Februari lalu. Sementara korban luka melebihi 1,1 juta orang. Ribuan bangunan di Turki juga runtuh dalam bencana itu.

Gempa berkekuatan 7,8 skala Richter yang melanda Turki diketahui turut mengoyak Suriah. Korban meninggal di Suriah akibat gempa mencapai sedikitnya 5.800 jiwa.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi