Kamis, 25/04/2024 - 08:05 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMISYARIAH

WNI Usaha Produk Halal di Jepang, Wapres Minta BSI Salurkan Pembiayaan

ADVERTISEMENTS

Wakil Presiden Maruf Amin. Wapres mendorong Bank Syariah Indonesia (BSI) membantu pelaku industri halal Indonesia di Jepang dalam segi pembiayaan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin mendorong Bank Syariah Indonesia (BSI) membantu pelaku industri halal Indonesia di Jepang dalam segi pembiayaan. Ini karena pembiayaan menjadi salah satu masalah bagi para pelaku usaha, termasuk pelaku industri halal di Jepang. Bank Syariah Indonesia diharap menjadi lembaga perbankan yang diharapkan mampu menjadi solusi bagi  permasalahan tersebut.  

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Saya nanti komunikasikan kepada BSI, apakah BSI yang saat ini sudah ada di Dubai, bisa mendukungnya di negara lain di luar negeri atau harus membuat cabang sendiri di Jepang,” ujar Ma’ruf ketika melakukan pertemuan secara hybrid dengan Diaspora Indonesia Pelaku Usaha Produk Halal di Jepang sebagaimana dibagikan Sekretariat Wapres, Selasa (7/2/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Sambut Penugasan GovTech, Peruri Rombak Susunan Direksi dan Komisaris PDS

Ma’ruf menjelaskan, pembiayaan syariah di Indonesia sebenarnya sudah berkembang  pesat dari berbagai lembaga keuangan, mulai dari perbankan besar seperti BSI, Kredit Usaha Rakyat Syariah, koperasi syariah (baitul maal wat tamwil), lembaga pembiayaan mikro syariah, hingga bank wakaf mikro syariah di pesantren.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
BSI Maslahat Kembali Salurkan Bantuan Kemanusiaan Banjir Demak dan Kudus

Namun, lanjutnya, untuk pembiayaan syariah bagi pelaku usaha di luar negeri, termasuk di Jepang, tidak sebanyak di Indonesia. Pernyataan Wapres tersebut menyikapi pertanyaan Ivan, salah satu peserta dialog, yang memiliki usaha vending machine produk halal.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Ivan mengungkapkan, pengembangan ekspor produk halal sudah banyak di Jepang dan berkolaborasi dengan diaspora Indonesia. Namun, usaha tersebut belum didukung dengan pembiayaan syariah karena belum adanya bank dari Indonesia yang memberikan fasilitas tersebut.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi