Sabtu, 20/04/2024 - 02:17 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Indonesia Menegaskan Dukung Palestina 

ADVERTISEMENTS

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengenakan syal bergambar bendera Palestina dan Indonesia pada pembukaan Bali Democracy Forum Ke- 10 di Indonesia Convention Exebation (ICE) Serpong, Banten Kamis (7/12).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA – Indonesia menegaskan dukungannya pada Palestina. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Teuku Faizasyah mengatakan, dalam berbagai forum Indonesia selalu menyampaikan pernyataan dukungan tersebut. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Indonesia, kata dia, mendukung perjuangan bangsa Palestina untuk merdeka. ’’Mencapai solusi dua negara sesuai parameter internasional,’’ kata Faizasyah dalam pernyataannya kepada //Republika//, Kamis (9/3/2023). 

ADVERTISEMENTS

Ia mencontohkan langkah konkret Indonesia. Pada 18 Januari 2023, Menlu Retno Marsudi menghadiri Open Debate DK PBB di New York soal Palestina dan mendukung resolusi Majelis Umum PBB mengenai permintaan //advisory opinion// Mahkamah Internasional terkait dampak legal pendudukan Israel di Palestina. 

Berita Lainnya:
Rusia Sita Puluhan Kilo Bahan Peledak dari Ukraina

Menlu pun menekankan perlunya menyusun langkah konkret untuk mencapai solusi damai dan masyarakat internasional terus memberikan bantuan kemanusiaan bagi rakyat Palestina. 

Pada 27 Februari 2023, Menlu dalam Sidang Dewan HAM ke-52  di Jenewa, Swiss menyampaikan, dunia tidak boleh menutup mata terhadap penderitaan rakyat Palestina. Langkah lainnya juga ditempuh Menlu terkait dukungan terhadap Palestina ini. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Awal bulan ini, yakni  2 Maret 2023, Menlu dalam G20 Foreign Ministers Meeting di New Delhi, India menyampaikan, G20 harus berada di garis terdepan memberikan bantuan kemanusiaan termasuk bagi rakyat Palestina. 

Berita Lainnya:
Norwegia Siap Akui Negara Palestina Merdeka

‘’Menlu menekankan, dunia tidak boleh mengabaikan dan menerapkan standar ganda terkait Palestina,’’ kata Faizasyah. Tak hanya itu, Menlu melakukan pertemuan bilateral dengan perwakilan tetap Palestina pada 18 Januari 2023 dan menlu Palestina, 27 Februari 2023. 

Pertemuan itu, jelas Faizasyah, membahas situasi terkini di Palestina, strategi yang akan ditempuh Palestina, dan dukungan yang diperlukan. ‘’Indonesia selalu menekankan dukungan dan komitmen untuk perjuangan Palestina,’’ jelas dia.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi