Kamis, 25/04/2024 - 12:47 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIFINANSIAL

Kuartal IV 2022 Stagnan, Pemulihan Ekonomi Jepang Hadapi Jalan Terjal

ADVERTISEMENTS

Bendera Jepang berkibar di kantor pusat Bank of Japan di Tokyo pada 29 Juli 2022. Ekonomi Jepang hampir tidak tumbuh karena konsumsi yang lemah

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 TOKYO — Perekonomian Jepang nyaris terhindar dari resesi pada bulan-bulan terakhir tahun 2022. Ekonomi Jepang hampir tidak tumbuh karena konsumsi yang lemah setelah menyusut pada kuartal ketiga, data yang direvisi menunjukkan. Ini menggarisbawahi tantangan bagi pembuat kebijakan yang mencoba menopang pemulihan yang goyah.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Rekor inflasi yang tinggi dan pertumbuhan global yang melambat di tengah pengetatan moneter yang meluas di banyak negara telah merusak kebangkitan ekonomi terbesar ketiga dunia pascapandemi, terlepas dari pelonggaran pembatasan COVID, subsidi energi, dan kebijakan moneter yang sangat longgar. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Viral Aktris Pakai LPG Subsidi, ESDM: Kami Ajukan Revisi Perpres

Bisnis, di bawah tekanan pemerintah untuk menaikkan upah guna mendorong konsumsi rumah tangga, sedang berjuang untuk terus maju menghadapi permintaan yang tidak terdengar pada saat pembicaraan tenaga kerja musim semi yang krusial. Produk domestik bruto (PDB) Jepang meningkat sebesar 0,1 persen secara tahunan pada Oktober-Desember. Ini lebih rendah dibandingkan perkiraan awal ekspansi 0,6 persen dan jauh lebih rendah dari perkiraan median ekonom untuk kenaikan 0,8 persen dalam jajak pendapat Reuters. 

ADVERTISEMENTS

Itu mengikuti kontraksi 1,1 persen yang direvisi pada Juli-September. “Ada pemulihan yang kurang kuat dalam jasa (belanja), sementara kenaikan inflasi kemungkinan membatasi konsumsi juga,” kata Wakaba Kobayashi, ekonom di Daiwa Institute of Research.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Menlu: Korut akan Respons Keras Campur Tangan Jepang

Konsumsi swasta, yang merupakan lebih dari setengah PDB negara itu, tumbuh 0,3 persen. Persentase ini turun dari perkiraan awal kenaikan 0,5 persen.

Pengeluaran untuk layanan seperti restoran dan hotel, serta barang, kurang solid dari perkiraan sebelumnya, data menunjukkan. Pengeluaran modal turun 0,5 persen, tidak berubah dari perkiraan awal dan dibandingkan dengan perkiraan pasar rata-rata untuk kontraksi 0,4 persen, bahkan ketika data Kementerian Keuangan pekan lalu menunjukkan peningkatan kapasitas produksi produsen pada kuartal keempat.

Permintaan domestik secara keseluruhan turun 0,3 poin persentase dari pertumbuhan PDB yang direvisi. Ini sedikit lebih tinggi dari perkiraan awal. Sementara ekspor neto bertambah 0,4 poin persentase.

 

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi