Sabtu, 20/04/2024 - 00:12 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIPERTANIAN

Mentan SYL Dampingi Presiden Memulai Panen Raya Nusantara Dari Kebumen

ADVERTISEMENTS

 KEBUMEN — Presiden Joko Widodo melakukan panen raya padi di Desa Lajer Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen, Kamis (9/3/2023). Panen padi yang dilakukan Presiden tersebut menandai panen padi yang dilakukan serentak di 30 propinsi dan 113 titik yang tersebar di seluruh Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Menurut Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL), Presiden Jokowi mengapresiasi terselenggaranya panen nusantara. “Alhamdulillah Bapak Presiden senang melihat panen yang ada, bahkan tadi menyempatkan berdialog dengan petani,” kata Mentan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Pada kesempatan tersebut, Mentan menegaskan bahwa pesan dan arahan Kepala Negara untuk memperhatikan kesejahteraan petani harus menjadi tanggung jawab bersama.

ADVERTISEMENTS

“Kami (Kementan) selalu bersama rakyat, petani, bersama Gubernur dan para Bupati di lapangan merasa kunjungan ini memberi arti, salah satu adalah perhatikan agar kesejahteraan petani bukan hanya menanam kemudian ditinggalkan begitu saja,” imbuhnya.

Berita Lainnya:
Kementan Alokasikan 4.532 Ton Pupuk Subsidi untuk Papua Barat

Dijelaskan Mentan, panen padi yang dihelat di Kebumen tersebut telah mengawali sesuatu yang memiliki arti bagi masyarakat tani.”Hari ini, daerah ini mewakili kita semua untuk mengatakan bahwa pertanian butuh kebersamaan, tidak bisa dilakukan sendiri,” 

Kerja-kerja kolaboratif Kementan bersama stakeholders pertanian dalam meningkatkan produksi beras sangat terbuka dan adaptif. Terlebih, tutur dia, kegiatan pertanian saat ini tidak lagi mengandalkan tenaga kerja manual tetapi menggabungkan mekanisasi dengan teknologi digital yang dapat mengkondisikan usaha budi daya pertanian menjadi lebih presisi sehingga ada peningkatan produksi.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Jumlah Penumpang di Bandara Kertajati Naik 20 Persen saat Mudik Lebaran

Dengan tren produksi yang terus meningkat, ia melanjutkan, diharapkan ketersediaan terjaga dan akses masyarakat luas mendapatkan kebutuhan pangan mudah dengan jumlah yang melimpah.

Sebagai informasi, produksi padi nasional tahun 2022 sebesar 54,75 juta ton GKG mengalami kenaikan 0,61 persen jika dibandingkan tahun 2021, 54,42 juta ton.

Menurut Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, program bantuan Alsintan Kementan kepada petani di wilayahnya sangat membantu dalam proses budidaya hingga panen.

“Masyarakat dari petani mendapatkan bantuan peralatan Alsintan yang cukup banyak dari Kementan baik itu traktor, combine, power trasher. Tentunya ini menjadikan sesuatu hal yang memudahkan petani untuk panen,” pungkasnya.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi