Jumat, 19/04/2024 - 22:36 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Pengamat: Elektabilitas Airlangga Masih Bisa Digenjot

ADVERTISEMENTS

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto. Pengamat sebut elektabilitas Airlangga masih bisa ditingkatkan untuk jadi capres KIB.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 JAKARTA — Manuver PAN dan PPP beberapa waktu belakangan mengundang tanda tanya atas eksistensi Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Apalagi, dalam KIB sebenarnya sudah ada capres yang bisa diusung yaitu Airlangga Hartarto dari Partai Golkar.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Pengamat politik dari Citra Institute, Yusak Farchan mengatakan, elektabilitas Airlangga yang tidak kunjung naik memang masih jadi pekerjaan rumah. Sebagai Menko Perekonomian, hasil kerja Airlangga sebenarnya dirasakan masyarakat.

ADVERTISEMENTS

Misal, terkait masa pandemi yang berhasil dilewati bangsa Indonesia. Ketika approval rating dan kepuasan publik terhadap Presiden Jokowi naik, khususnya isu-isu kesejahteraan sosial, harusnya Airlangga ikut mendapat berkah elektoral.

Berita Lainnya:
Empat Menteri Sudah Hadir di Gedung MK, Siap Beri Keterangan ke Hakim

Selain itu, ia mengingatkan, popularitas Partai Golkar sebagai partai politik cukup baik, bahkan beberapa kali menempati posisi satu di survei-survei. Yusak berpendapat, raihan-raihan itu sebenarnya bisa menjadi pendorong bagi Golkar.

“Saya kira ini harus menjadi stimulus bagi Golkar untuk memaksimalkan mesin politiknya dalam menaikkan elektabilitas Airlangga,” kata Yusak kepada Republika, Rabu (8/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Selain itu, ia menyarankan, Airlangga lebih rajin turun ke masyarakat dan berani ke luar dari pakem atau gaya kepemimpinan politik yang cenderung formal. Sebab, publik sebenarnya senang dengan gaya-gaya informal dari figur pemimpin politik.

Berita Lainnya:
Airlangga: Golkar Amankan 102 Kursi DPR di Pileg 2024

Semakin tidak berjarak dengan rakyat, semakin disukai. Ruang inilah yang bisa dimainkan Golkar untuk branding personal Airlangga agar lebih dekat ke publik. Sebab, ia menilai, masih ada waktu untuk memperbaiki elektabilitas Airlangga.

“Saya kira masih ada waktu bagi Golkar untuk menggenjot terus elektabilitas Airlangga,” ujar Yusak.

Sebelumnya, Ketua Umum PAN dalam Rakornas memberikan kode keras mengusung Ganjar Pranowo dan Erick Thohir yang notabene sosok-sosok di luar KIB. Ada pula langkah Ketua Majelis Pertimbangan PPP yang melakukan pertemuan dengan Sekjen PDIP.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi