Jumat, 19/04/2024 - 05:20 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Kemenparekraf Minta Tidak Ada Lagi Wisman Komplain Kearifan Lokal

ADVERTISEMENTS

 YOGYAKARTA — Plt Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Frans Teguh meminta tidak ada lagi kasus wisatawan mancanegara maupun lokal yang komplain dengan kearifan lokal seperti yang terjadi di Bali.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Saya kemarin mendapat informasi. Ini sebetulnya karena euforia berlebihan karena banyak wisatawan yang datang sekarang ke Bali, tapi rupanya mereka sudah mulai komplain. Wisatawan komplain sama daerah, sama destinasi. Ini terbalik-balik,” kata Frans Teguh dalam Destination Management Forum (DMF) seri #4 di Yogyakarta, Kamis (9/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Seperti diwartakan, sebanyak 17 wisatawan mancanegara mengirimkan petisi ke Kantor Camat Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali, yang berisi komplain atas suara kokok ayam yang terdengar setiap hari hingga tempat mereka menginap.

ADVERTISEMENTS

Agar hal serupa tidak berulang di kemudian hari, kata Fransmaka pengelola destinasi wisata mesti mampu memberikan pemahaman kepada wisatawan mengenai kearifan lokal yang harus dijunjung dan dipatuhi.

Berita Lainnya:
Jokowi Selesai Sebelum Oktober Jika MK Kabulkan Tuntutan AMIN

“Saya hanya ingin mengatakan bahwa ini tentang manajemen destinasi yang harus betul kita atur rumah tangganya agar yang datang sebagai pengunjung dan tamu harus tahu persis apa nilai-nilai lokal yang harus dijunjung dan diikuti,” kata dia.

Kendati kunjungan wisatawan amat dibutuhkan, menurut Frans bukan berarti pengelola destinasi wisata tidak boleh menerapkan aturan kepada mereka.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Kita butuh wisatawan tapi jangan sampai ‘over acting’. Ini perlu kita perkuat kepekaan mengatur wisatawan. wisatwan harus diatur, baik domestik maupun mancanegara,” ujar dia.

Dalam kesempatan itu, Frans juga meminta destinasi wisata mampu menjaga reputasi sehingga mampu diminati pengunjung baik lokal maupun mancanegara secara berkelanjutan.

Berita Lainnya:
Bali Raih Prevalensi Stunting Terendah se-Indonesia

“Reputasi destinasi adalah sesuatu yang harus kita pertahankan karena siklus destinasi itu bisa macam-macam. Ada banyak destinasi yang populer pada suatu masa tapi kemudian tidak populer lagi,” kata dia.

Pengembangan destinasi wisata berdaya saing dan berkelanjutan, menurut Frans, amat penting melalui penguatan jejaring serta peningkatan kapasitas para pemangku kepentingan.

Dalam kesempatan itu, Direktur Destinasi Pariwisata Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BPOB) Agustin Peranginangin mengakui bahwa sinergitas ekosistem pariwisata penting untuk keberhasilan pembangunan.

BPOB memiliki peran dalam mendukung jejaring dan peningkatan kapasitas ekosistem pariwisata, khususnya di lingkungan Kemenparekraf dan tiga destinasi prioritas di Indonesia.

“Jejaring dan sinergitas ekosistem pariwisata sangat penting untuk keberhasilan pembangunan di tiga kawasan super prioritas. BOB ikut serta mendukung peningkatan kapasitas tersebut,” kata dia.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi