Kamis, 25/04/2024 - 15:35 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Zulhas Dorong Penguatan Kerja Sama Internasional ASEAN-Inggris

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mendorong penguatan kerja sama internasional antara ASEAN dan Inggris di sektor perdagangan. Ia sekaligus mengharapkan para pelaku usaha dari ASEAN dan Inggris dapat ikut mendukung berbagai program dan inisiatif di masa Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Penguatan kerja sama internasional menjadi sangat penting. Para pelaku usaha dari ASEAN dan Inggris dapat mendukung kesuksesan berbagai program serta inisiatif yang diusung di masa Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun ini. Program tersebut sejalan dengan arah kerja sama ASEAN dan Inggris,” kata Zulkifli, sapaan akrabnya melalui pernyataan resmi, Jumat (10/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Dalam lawatannya ke Inggris pekan ini, Zulkifli turut menghadiri Forum Bisnis Inggris-ASEAN yang digelar pada Rabu (8/3/2023) di London, Inggris. Dalam forum bisnis tersebut, Zulkifli sekaligus menjelaskan tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth” dalam Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun ini.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Pemerintah Ingin Pungut Iuran Pariwisata dari Tiket Pesawat, Pengamat: Tidak Etis

Sedikutnya ada tiga kelompok utama dan tujuh prioritas ekonomi untuk tahun 2023 berada di bawah koordinasi Mendag selaku Ketua Para Menteri Ekonomi ASEAN tahun ini, serta beberapa kegiatan penting yang akan diselenggarakan.

ADVERTISEMENTS

Inggris secara resmi menjadi Mitra Wicara ASEAN pada Agustus 2021. Pada tahun yang sama, Para Menteri Ekonomi ASEAN dan Inggris telah mengesahkan Joint Ministerial Declaration on Future Economic Cooperation Between the ASEAN and the United Kingdom. Program Kerja untuk melaksanakan Deklarasi tersebut juga sudah disahkan pada 2022.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Kolaborasi dan berbagi pengalaman antar pelaku usaha juga sangat penting untuk meningkatkan kerja sama di berbagai sektor. Mereka juga diharapkan dapat mendorong peningkatan investasi Inggris ke ASEAN dan mendukung implementasi Program Kerja untuk melaksanakan Deklarasi Bersama Para Menteri Ekonomi ASEAN dan Inggris,” kata Zulhas.

Berita Lainnya:
Minuman Lokal Ini Laris Manis Usai 93 Persen Penduduk Yordania Boikot Israel dan Konconya

Inggris tercatat menjadi negara tujuan ekspor terbesar kedelapan untuk kawasan Eropa dan sumber investasi asing terbesar kesepuluh di dunia. Pada 2022, total perdagangan Indonesia dengan Inggris mencapai 2,7 miliar dolar AS atau meningkat sebesar 5,3 persen dibandingkan tahun lalu.

Ekspor Indonesia ke Inggris tercatat senilai 1,66 miliar dolar AS, sedangkan impor Indonesia dari Inggris sebesar 1,04 miliar dolar AS. Indonesia pun mencatat surplus perdagangan sebesar 624,3 juta dolar AS.

Produk ekspor utama Indonesia ke Inggris di antaranya alas kaki dan minyak sawit. Sedangkan produk impor utama Indonesia dari Inggris di antaranya kertas dan karton daur ulang, obat-obatan, serta kendaraan pengangkut barang.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi