Rabu, 24/04/2024 - 08:23 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Dies Natalis ke-47, UNS Tetapkan 13 Alumni Berprestasi

ADVERTISEMENTS

 SOLO — Universitas Sebelas Maret (UNS) memberikan penghargaan kepada 13 orang alumni yang dinilai berprestasi dan memberikan kontribusi positif dalam kehidupan bermasyarakat. Penghargaan tersebut diberikan dalam rangkaian acara sidang terbuka senat akademik pada peringatan Dies Natalis ke-47 UNS tahun 2023 oleh Rektor UNS Jamal Wiwoho. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Jamal mengatakan, para alumni berprestasi mewakili setiap fakultas yang ada di UNS. Pemilihan alumni dilakukan oleh para juri dari setiap fakultas dan didasarkan pada kriteria-kriteria yang telah ditetapkan. Kiprah dan kontribusi para alumni dalam pengabdian mereka di masyarakat melalui profesi masing-masing yang menjadi indikator utama pemilihan alumni berprestasi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Para alumni berprestasi ini telah menunjukkan kiprahnya baik di tingkat daerah, nasional, maupun internasional. Mereka turut berkontribusi dalam menjadikan UNS sebagai universitas yang bertaraf internasional,” kata Jamal, dalam keterangan tertulisnya Sabtu (11/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Sebagai universitas yang menyandang predikat Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH), Jamal menyebut UNS memiliki tantangan berat untuk mempertahankan kualitas pendidikan yang diamanatkan. Untuk itu pihaknya berharap agar para alumni memiliki rasa bangga terhadap almamater. Dengan demikian akan tercipta kolaborasi antara kampus dengan para alumni yang disebut oleh rektor sebagai tiang peyangga keberhasilan UNS menjadi universitas yang terdepan dalam prestasi.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
UNS Komitmen Lakukan Transformasi Pendidikan

“Kami berharap para alumni terus menerus melakukan kegiatan produktif dengan karya terbaik dan memiliki rasa kebanggaan dalam kemajuan UNS,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Tiga belas alumni berprestasi UNS tahun 2023 datang dari beragam latar belakang dan profesi, salah satunya adalah Edi Priyanto yang merupakan lulusan D3 Higiene Perusahaan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja UNS tahun 1995. Dia terpilih sebagai alumni berprestasi atas kiprahnya di dunia Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Saat ini Edi merupakan Wakil Ketua Dewan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (DK3) Provinsi Jawa Timur. 

Atas kiprahnya di dunia K3, beberapa penghargaan pernah diraihnya, yakni penghargaan kategori ‘Concerned Citizen Award’ dari World Safety Organization (WSO) dan penghargaan dari Gubernur Jawa Timur sebagai tokoh pemerhati K3 di Jawa Timur. Edi juga menginisiasi dan mendorong dilakukannya identifikasi bahaya dan penilaian risiko pada pekerjaan jurnalis.

Selain K3, Edi dikenal sebagai sosok pegiat lingkungan atas kepeduliannya dalam pengelolaan sampah di masyarakat. Pada tahun 2017 lalu, dirinya menginisiasi pendirian Kampung Edukasi Sampah yang dijadikan sebuah role model bagi warga RT dan RW serta siswa sekolah adiwiyata dalam melakukan studi dan praktek pemilahan dan pengolahan sampah serta pengelolaan sumber daya alam serta lingkungan. 

Berita Lainnya:
Rektor UMJ Sebut Moralitas Jadi Nilai Penting dalam Demokrasi

Edi juga menggerakkan RT dan RW untuk melakukan perubahan masyarakat dengan tulisan dalam sebuah buku yang berjudul ‘Lokal Hero : RT dan RW Pemimpin Perubahan Masyarakat’. Atas dedikasi dan inovasi cerdasnya sebagai ketua RT pada saat itu, Edi dinobatkan sebagai tokoh inspiratif versi tokohinspiratif.id pada tahun 2016.

Sebagai seorang profesional, pria asal Klaten tersebut merupakan salah satu talenta BUMN yang menjabat sejumlah posisi penting antara lain Direktur SDM PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) tahun 2020-2021, Direktur SDM PT Pelindo Terminal Petikemas (2021-2023) dan sebagai Direktur SDM PT Pelindo Multi Terminal mulai tanggal 1 Maret 2023. Semasa kuliah Edi pernah mendapatkan beasiswa pendidikan dan menjadi Ketua Kelompok Mahasiswa dan keanggotaan di Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).

“Saya merasa bersyukur atas penghargaan yang diberikan oleh UNS, semoga dapat menambah motivasi saya dalam memberikan kontribusi untuk kemajuan bangsa dan negara,” kata Edi.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi