Sabtu, 20/04/2024 - 10:56 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Keislaman Adi bin Hatim

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Pada tahun kesembilan Hijrah, seorang raja Arab melakukan gerakan positif pertama ke Islam setelah bertahun-tahun membencinya. Ia mendekatkan diri kepada iman setelah menentang dan memeranginya. Dan dia akhirnya berjanji setia kepada Nabi Shallallahu alaihi wa sallam setelah dia bersikeras menolak untuk melakukannya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Dilansir dari laman Alim pada Sabtu (11/3/2023), Dia adalah Adi, putra Hatim at-Taai yang terkenal. Adi mewarisi domain ayahnya dan posisinya diakui orang-orang Thai. Sebagian dari kekuatannya, seperempat dari jumlah apa pun yang mereka peroleh sebagai rampasan harus diberikan kepadanya.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Ketika Nabi mengumumkan secara terbuka seruannya kepada petunjuk dan kebenaran, orang-orang Arab dari satu wilayah ke wilayah lain menerima ajarannya, Adi melihat misinya sebagai ancaman terhadap posisi dan kepemimpinannya. Meskipun dia tidak mengenal Nabi secara pribadi, dan belum pernah melihatnya, dia mengembangkan perasaan permusuhan yang kuat terhadapnya. Dia tetap memusuhi Islam selama hampir dua puluh tahun sampai akhirnya Tuhan membuka hatinya untuk agama kebenaran dan petunjuk.

ADVERTISEMENTS

Cara Adi menjadi seorang Muslim adalah kisah yang luar biasa dan dia mungkin orang terbaik untuk menceritakannya. Dia berkata:

“Tidak ada seorang pun di antara orang Arab yang membenci Utusan Tuhan, semoga Tuhan memberkatinya dan memberinya kedamaian, lebih dari saya, ketika saya mendengar tentang dia. Saya kemudian adalah seorang pria berstatus dan bangsawan. Saya adalah seorang Kristen. Dari orang-orang, saya mengambil seperempat dari jarahan mereka seperti yang dilakukan oleh raja-raja Arab lainnya.

Ketika saya mendengar tentang Rasulullah, Shallallahu alaihi wa sallam, saya membencinya. Ketika misinya semakin kuat dan ketika kekuatannya meningkat dan tentara serta pasukan ekspedisinya mendominasi timur dan barat tanah Arab, saya berkata kepada seorang pelayan saya yang merawat unta saya:

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Zakat Mal, Apakah Harus Ditunaikan Ketika Puasa Ramadhan?

‘Siapkan unta gemuk untukku yang mudah dikendarai dan ditambatkan dekat denganku. Jika kamu mendengar pasukan atau pasukan ekspedisi Muhammad datang ke negeri ini, beri tahu aku.’

Suatu malam, pelayanku mendatangiku dan berkata: “Yaa Mawlaya! Apa yang ingin kau lakukan saat kavaleri Muhammad mendekati tanahmu, lakukanlah sekarang.” ‘Kenapa? Semoga ibumu kehilanganmu!’

‘Saya telah melihat pengintai mencari di dekat tempat tinggal. Saya bertanya tentang mereka dan diberitahu bahwa mereka adalah tentara Muhammad,’ katanya.

‘Bawa unta yang saya perintahkan untuk Anda siapkan.’ kataku padanya. Saya bangun saat itu juga, memanggil seisi rumah saya (termasuk) anak-anak saya dan memerintahkan mereka untuk mengungsi dari tanah yang kami cintai. Kami menuju ke arah Suriah untuk bergabung dengan orang-orang seiman kami di antara orang-orang Kristen dan menetap di antara mereka.

Kami pergi terlalu terburu-buru untuk mengumpulkan seisi rumah kami. Ketika saya mengamati situasi kami, saya menemukan bahwa sebagian dari keluarga saya hilang. Saya telah meninggalkan saudara perempuan saya sendiri di kampung halaman kami di Najd bersama dengan orang-orang Thai lainnya.”

Kemudian pada akhirnya Adiy memutuskan untuk bertemu dengan Nabi di Madinah.

“Saya pergi ke dia. Dia berada di Masjid. Saya menyapanya dan dia berkata: ‘Siapa pria itu? ‘Adi ibn Hatim,’ kata saya. Dia membela saya, memegang tangan saya dan berangkat menuju rumahnya.

Demi Tuhan, saat dia berjalan dengan saya menuju rumahnya, seorang wanita tua yang lemah bertemu dengannya. Bersamanya ada seorang anak kecil. Dia menghentikannya dan mulai berbicara dengannya tentang suatu masalah. Saya berdiri (selama itu). Saya berkata pada diri sendiri: ‘Demi Tuhan, ini bukan raja.’

Berita Lainnya:
Amalan Rasulullah saat Makkah Diterjang Angin Kencang

Dia kemudian memegang tangan saya dan pergi bersama saya sampai kami tiba di rumahnya. Di sana dia mendapat bantal kulit diisi dengan ijuk, berikan padaku dan berkata: ‘Duduk di sini!’ Saya merasa malu di hadapannya dan berkata: ‘Sebaliknya, Anda duduk di atasnya.’ ‘Tidak, kamu,’ katanya.

Nabi Shallallahu alaihi wa sallam duduk di lantai karena tidak ada bantal lain. Saya berkata pada diriku sendiri:

‘Demi Tuhan, ini bukan sikap seorang raja!’ Dia kemudian menoleh kepadaku dan berkata: ‘Ya, Adi ibn Hatim! Bukankah Anda seorang “Rukusi” yang menganut agama antara Kristen dan Sabeanisme?’ ‘Ya,’ jawab saya.

Kemudian dia berkata kepadaku ‘Wahai Adi, sesungguhnya ada tiga hal yang mencegah kamu memeluk agama Islam. (Pertama) kamu melihat kemiskinan mereka. Demi Allah telah dekat hari dimana harta mereka akan berlimpah sehingga tidak ada lagi yang berkekurangan.

(Kedua) yang mencegah kamu dari masuk ke agama ini adalah kamu melihat  sedikitnya jumlah muslimin dan banyaknya musuh mereka. Demi Allah kamu akan mendengar suatu hari tatkala seorang perempuan dengan untanya bepergian dari Quds menuju rumah ini tanpa rasa takut sedikit pun kecuali takut kepada Allah.

(Ketiga), yang mencegah kamu masuk agama ini adalah kalu melihat para penguasa dan raja bukan dari kalangan muslim. Demi Allah telah dekat hari dimana istana negeri Babilonia akan ditaklukan’.

Setelah itu, saya menyatakan kesaksian kebenaran, dan menyatakan penerimaan saya terhadap Islam.”

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi