Sabtu, 20/04/2024 - 02:28 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Sosok Wanita yang Sangat Mencintai Rasulullah SAW Meski Bukan dari Keluarga

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA – Dalam peristiwa Perang Uhud, umat Islam mengalami kekalahan. Karena, pada saat itu beberapa pasukan tidak taat pada perintah Rasulullah SAW. Pasukan pemanah Muslim meninggalkan posnya karena tergiur dengan harta rampasan perang.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Akibatnya, banyak yang mati syahid. Kaum Muslimin saat itu mengalami penderitaan yang berat. Bahkan, Rasulullah SAW saat itu sempat dikabarkan telah syahid.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Kabar kekalahan kaum Muslimin dalam Perang Uhud itu pun sampai ke Makkah. Kaum Hawa pun berhamburan keluar rumah untuk mencari tahu kebenaran kabar burung itu.

ADVERTISEMENTS

Seperti diceritakan dalam buku 99 Kisah Menakjubkan Sahabat Nabi, pada saat itu kemudian seorang wanita Anshar yang melihat orang-orang berkumpul segera bertanya, “Bagaimana keadaan Rasulullah SAW?”

Berita Lainnya:
Cara Islam Menghadapi Permasalahan Hidup: Bukan dengan Putus Asa

Seseorang menjawab, “Ayahmu telah syahid!”. Dia pun berucap, “Innalillahi wa inna ilaihi rajiun.”

Lalu, dia bertanya lagi tentang keadaan Rasulullah SAW. Seseorang menjawab, “Suamimu telah syahid!” Yang lain juga berkata, “Saudaramu telah syahid.”

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Namun, lagi-lagi wanita Anshar itu hanya mengucapkan kalimat istirja’ sambil terus menanyakan kabar Rasulullah SAW. Bahkan, ketika dikatakan anaknya juga telah gugur, dia tetap menanyakan keadaan Rasulullah SAW. 

Baca juga: Muhammadiyah Resmi Beli Gereja di Spanyol yang Juga Bekas Masjid Era Abbasiyah

Wanita itu belum puas sebelum mendengar kabar utusan Allah SWT yang sangat dicintainya tersebut. Lalu, wanita itu kembali bertanya, “Bagaimana keadaan Rasulullah SAW?”

Seseorang yang baru datang kemudian menjawab, “Rasulullah SAW dalam keadaan sehat, sebentar lagi akan datang.”

Berita Lainnya:
Mengapa Wanita Hadramaut Bercadar?

Ketika Rasulullah SAW datang bersama pasukan kaum Muslimin yang tersisa. Wanita itu pun segera berlari menemui Rasulullah SAW. Dia sangat bahagia melihat Rasulullah SAW dalam keadaan sehat.

Wanita itu berkata, “Ya Rasulullah, setelah melihat engkau, semua penderitaaan ini menjadi ringan.”

Dalam riwayat lain diceritakan bahwa wanita itu memegang baju Rasulullah SAW sambil berkata, “Ya Rasulullah, demi ibu dan ayah yang telah kami korbankan, jika melihatmu hidup dan selamat, aku tidak peduli dengan masalah apapun.”

Seperti itu lah kecintaan wanita Anshar itu terhadap Rasulullah SAW. Dia tidak peduli ketika seluruh keluarganya telah syahid. Baginya yang terpenting adalah Rasulullah SAW selamat. Musibah sebesar apapun terasa ringan baginya setelah melihat wajah Rasulullah SAW.   

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi