Jumat, 19/04/2024 - 03:40 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIFINANSIAL

Berminat Jadi Duta Pasar Modal Indonesia?

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) resmi memulai Kompetisi Duta Pasar Modal (DPM) BEI secara serentak di 60 Galeri Investasi (GI) yang merupakan proyek percontohan dari seluruh 30 kantor perwakilan BEI di berbagai wilayah di Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Direktur BEI Jeffrey Hendrik dalam keterangan di Jakarta, Rabu, menyampaikan kompetisi ini adalah pendukung program DPM BEI yang sebelumnya telah diluncurkan pada Rabu (15/2) di acara Penghargaan GI BEI 2022.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Melalui kompetisi ini, kami berharap edukasi pengelolaan keuangan sekaligus investasi di pasar modal dapat semakin menyentuh berbagai lapisan masyarakat, antara lain civitas akademika, pelaku UMKM, masyarakat daerah tertinggal, terdepan, dan terluar, pelajar dan santri, serta para penyandang disabilitas,” ujar Jeffrey.

ADVERTISEMENTS

Dia melanjutkan untuk menjadi DPM BEI para mahasiswa dan mahasiswi aktif yang berminat harus menyelesaikan Learning Management System (LMS) Edukasi Keuangan OJK, serta mengikuti Sekolah Pasar Modal (SPM) BEI.

Berita Lainnya:
OJK Ungkap Belum Ada Pengajuan Merger BTN Syariah dan Bank Muamalat

Menurut dia, hal tersebut untuk memastikan bekal informasi dasar yang mereka miliki telah sesuai dan setelah memenuhi persyaratan, DPM BEI dapat melakukan kegiatan edukasi ke berbagai lapisan masyarakat.

Dengan hadirnya DPM BEI, pihaknya berharap akan lebih banyak masyarakat yang tertarik serta ikut SPM atau kegiatan edukasi GI BEI dan Kantor Perwakilan BEI.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Untuk meningkatkan motivasi para DPM BEI dalam menyebarkan semangat berinvestasi, BEI memberikan apresiasi berupa beasiswa kepada DPM BEI teraktif yang akan dikompetisikan secara triwulanan dan tahunan. Selain itu, terdapat juga manfaat lainnya seperti pelatihan pasar modal dan soft skill bagi para alumni DPM BEI,” ujar Jeffrey.

Berita Lainnya:
OJK Kediri Gelar Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah ke Pelajar

Dia menjelaskan penilaian aktivitas para DPM BEI akan dilakukan selama tiga bulan sampai dengan 15 Juni 2023 untuk dikompetisikan dan dievaluasi efektivitasnya.

“Setelah proyek percontohan ini selesai dilaksanakan dan dievaluasi, tidak menutup kemungkinan, ke depannya DPM BEI akan dapat diimplementasikan pada GI BEI di seluruh Indonesia, yang saat ini telah mencapai lebih dari 750 GI BEI,” ujar Jeffrey.

Hingga 10 Maret 2023, BEI mencatat terdapat 27 perusahaan yang mencatatkan saham di BE) dengan dana dihimpun mencapai Rp12,5 triliun, serta terdapat 29 perusahaan dalam pipeline pencatatan saham BEI.

Kemudian, hingga periode yang sama telah terdapat 14 perusahaan tercatat yang telah menerbitkan right issue dengan total nilai Rp 13 triliun.

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi