Kamis, 25/04/2024 - 14:27 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BOLALIGA SPANYOL

Jaksa Anti-Korupsi Spanyol akan Ambil Alih Kasus Skandal Wasit Barcelona

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Kejaksaan Anti-Korupsi Spanyol akan mengambil alih penyelidikan atas dugaan pembayaran yang dilakukan oleh Barcelona kepada sebuah perusahaan yang dimiliki oleh seorang pejabat wasit senior dengan tujuan untuk mempengaruhi hasil pertandingan, kata jaksa agung negara bagian itu pada Selasa (14/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Jaksa Agung Negara Bagian Alvaro Garcia Ortiz memerintahkan agar kasus ini dialihkan dari kantor kejaksaan umum karena sifat tuduhan yang sangat terkenal yang dapat merupakan pelanggaran korupsi yang signifikan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Pemerintah Spanyol dan Real Madrid telah bergabung dengan pengaduan yang diajukan pada Jumat oleh jaksa penuntut terhadap Barcelona dan dua mantan presiden klub La Liga itu atas dugaan pembayaran lebih dari 7,3 juta euro dari tahun 2001 hingga 2018. Uang mengalir ke perusahaan-perusahaan yang dimiliki oleh Jose Maria Enriquez Negreira, mantan Wakil Presiden Komite Wasit Asosiasi Sepak Bola Spanyol dari tahun 1993 hingga 2018,

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Jadwal dan Prediksi Starting XI Juventus Vs Lazio di Semifinal Coppa Italia

Jaksa menuduh bahwa di bawah perjanjian rahasia dan “dengan imbalan uang”, Negreira mendukung Barcelona “dalam keputusan yang diambil oleh wasit dalam pertandingan yang dimainkan oleh klub, serta dalam hasil kompetisi”.

ADVERTISEMENTS

Seorang pejabat senior Barcelona mengatakan kepada Reuters pada Jumat bahwa klub telah memperkirakan pengaduan jaksa penuntut dan menggambarkannya sebagai “tidak lebih dari hipotesis investigasi yang benar-benar awal”.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Pejabat tersebut mengatakan bahwa klub akan sepenuhnya bekerja sama dengan penyelidikan dengan segala cara yang diperlukan dan menegaskan bahwa mereka tidak pernah membeli wasit atau mencoba mempengaruhi keputusan pejabat mana pun.

Dalam sebuah pernyataan bulan lalu, klub sepak bola tersebut membantah melakukan kesalahan, mengatakan bahwa mereka telah membayar konsultan eksternal yang memberikan laporan teknis terkait wasit profesional. Barcelona menyebut praktik ini biasa terjadi di antara klub sepak bola profesional.

“Saya tidak sabar untuk menghadapi semua bajingan yang menodai perisai kami,” kata presiden Barcelona Joan Laporta dalam sebuah acara yang diadakan oleh klub dengan para kapten tim Barcelona pada Senin.

Berita Lainnya:
Man City Gebuk Crystal Palace, Tempel Liverpool di Puncak Klasemen Liga Primer Inggris

Jose Manuel Franco, presiden Dewan Olahraga Tertinggi Spanyol (CSD), mengatakan kepada saluran TV Telecinco pada hari Senin bahwa mereka akan bergabung dengan pengaduan jaksa terhadap Barcelona.

“Kami akan bergabung dengan pengaduan tersebut segera setelah hakim menangani kasus ini dengan tegas. Ini tidak baik untuk olahraga Spanyol. Apa yang buruk bagi sepak bola adalah buruk bagi olahraga Spanyol,” katanya.

Tuntutan jaksa penuntut berfokus pada 2,9 juta euro yang dibayarkan dari tahun 2014 hingga 2018 dan menuduh bahwa Barcelona, dengan bantuan mantan presiden Sandro Rosell dan Josep Maria Bartomeu, mencapai “kesepakatan verbal rahasia” dengan Negreira.

Mereka menuduh klub, Rosell, Bartomeu, Negreira dan dua mantan pejabat Barcelona lainnya melakukan korupsi dalam olahraga, administrasi yang tidak adil dan pemalsuan dalam dokumen perdagangan. 

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi