Rabu, 24/04/2024 - 22:05 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Umar bin Khattab Mampu Telepati dari jarak Hampir 2.000 KM, Pasukan Islam Kalahkan Persia

ADVERTISEMENTS

JAKARTA – Khalifah Umar bin Khattab adalah salah satu pemimpin yang adil dan terkenal dalam sejarah Islam. Dia dikenal tegas dalam memerintah. Namun di balik itu ternyata dia memiliki kemampuan luar biasa dari manusia kebanyakan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Hal tersebut terungkap dalam kitab Al-Bidayah wa al-Nihayah karya Imam Ibnu Katsir. Pada tahun 645 M/23 H, di masa kekhalifahan Umar bin Khattab, terjadi peperangan antara pasukan kaum Muslimin dan Persia, di Nahawand, yang sekarang masuk wilayah Iran. Nahawand adalah salah satu daerah terpenting Persia.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Pasukan Muslim dipimpin Sariyah bin Zunaim yang berasal dari Bani Kinana. Di tengah pertempuran, pasukan Muslim terjebak dan terkepung di sebuah lembah.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Dalam situasi yang genting itu, tiba-tiba Sariyah mendengar suara Amirul Mukminin yang berkata, “Ya Sariyah bin Zunaim, gunung! Ya Sariyah bin Zunaim, gunung!….”

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Tiga Waktu Terbaik untuk Memohon Ampunan Allah

Mendengar suara tersebut, Sariyah segera menaiki gunung bersama pasukannya. Posisi keberadaan mereka pun berubah. Hingga akhirnya, Sariyah dan pasukannya berhasil meraih kemenangan yang luar biasa. Pasukan Persia takluk.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Padahal, di waktu yang bersamaan, Umar bin Khattab sedang menyampaikan khutbah di mimbar Rasulullah SAW di Masjid Nabawi, Madinah. Sedangkan jarak antara Madinah dan Nahawand, lokasi pertempuran pasukan Muslim dan Persia, hampir 2.000 KM.

Para sahabat yang menjadi jamaah sholat Jumat saat itu juga mendengar Umar bin Khattab berteriak dengan suara lantang di tengah khutbahnya. Ia berteriak, “Ya Sariyah bin Zunaim, gunung! Ya Sariyah bin Zunaim, gunung!….”

Seusai melaksanakan sholat Jumat, Umar bin Khattab menjelaskan bahwa dia tidak memperhatikan apa yang ia katakan, dan juga sama sekali tidak menyadari telah mengucapkan kalimat tersebut. 

Tak lama kemudian, sepucuk surat datang membawa kabar gembira kemenangan pasukan kaum Muslimin yang dipimpin Sariyah bin Zunaim saat melawan pasukan Persia di Nahawand.

Berita Lainnya:
Begini Cara Para Sahabat Belajar Alquran dari Rasulullah SAW

Baca juga: Muhammadiyah Resmi Beli Gereja di Spanyol yang Juga Bekas Masjid Era Abbasiyah

Di surat itu tercantum waktu kemenangan secara rinci. Dan ternyata, kemenangan tersebut diraih di waktu yang sama saat Umar bin Khattab meneriakkan “Ya Sariyah bin Zunaim, gunung! Ya Sariyah bin Zunaim, gunung!….”, yang didengar para jamaah sholat Jumat.

Ketika kembali ke Madinah, dia pun menceritakan kepada orang-orang tentang apa yang dialami pasukannya saat terjebak di sebuah lembah, yaitu saat dia mendengar suara Umar bin Khattab yang memanggil namanya.

Sampailah kemudian cerita Sariyah itu ke telinga khalifah. Namun Umar tidak menggubrisnya, dengan berkata, “Ya Allah, aku tidak begitu memperhatikan yang jelas ada sesuatu yang datang ke lisanku.”

 

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi