Jumat, 19/04/2024 - 20:07 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Uni Eropa Tambah Anggaran untuk Kirim Pasokan Militer ke Ukraina

ADVERTISEMENTS

Negara-negara anggota Uni Eropa (UE) pada Selasa (14/3/2023) menaikkan anggaran Fasilitas Perdamaian Eropa (EPF) hingga 8 miliar euro (8,5 miliar dolar AS) hingga 2027 untuk menyediakan pasokan militer ke Ukraina dan mengisi kembali stok sendiri.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

REPUBLIKA.CO.ID., BRUSSELS — Negara-negara anggota Uni Eropa (UE) pada Selasa (14/3/2023) menaikkan anggaran Fasilitas Perdamaian Eropa (EPF) hingga 8 miliar euro (8,5 miliar dolar AS) hingga 2027 untuk menyediakan pasokan militer ke Ukraina dan mengisi kembali stok sendiri.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Dewan (UE) mengadopsi keputusan yang meningkatkan batas keuangan Fasilitas Perdamaian Eropa menjadi 7,979 miliar euro (dalam harga saat ini) hingga 2027, memastikan bahwa kebutuhan keuangan tambahan dapat dipenuhi,” kata lembaga UE yang mewakili negara-negara anggota dalam sebuah pernyataan.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Ukraina Pertimbangkan Terima Bantuan Tanpa Bunga dari AS ala Donald Trump

Keputusan tersebut menegaskan kesepakatan politik yang dicapai oleh para menteri luar negeri Uni Eropa pada Desember tentang peningkatan anggaran EPF sebesar 2 miliar euro pada 2023 dan memungkinkan peningkatan lebih lanjut hingga 5,5 miliar euro pada 2027.

Kepala kebijakan luar negeri UE Josep Borrell menyebut Fasilitas Perdamaian Eropa “bagian integral dari dukungan UE untuk mempromosikan perdamaian dan keamanan secara global.”

Dia menekankan bahwa kenaikan tersebut memastikan “keberlanjutan finansial instrumen ini” yang “sangat penting untuk dukungan kami tidak hanya untuk Ukraina, tetapi juga untuk mitra kami di bagian lain Eropa, Afrika, dan Timur Tengah, karena kebutuhan terus meningkat.”

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Malaysia Kecewa Hak Veto Halangi Palestina Jadi Anggota Penuh PBB

Dengan amandemen anggaran, UE akan dapat menerapkan proposal terbaru Borrell untuk segera memasok amunisi ke Ukraina dan mengisi kembali stok negara anggota UE melalui pengadaan bersama.

Menurut rencana tersebut, negara-negara anggota UE yang mengirimkan amunisi dari pasokan mereka sendiri ke Ukraina dapat diganti oleh EPF hingga total EUR1 miliar.

Proposal tersebut juga mempertimbangkan EUR1 miliar lagi untuk pengadaan bersama melalui Badan Pertahanan Eropa.

Menteri luar negeri dan pertahanan Uni Eropa diperkirakan akan memberikan lampu hijau untuk inisiatif tersebut pada pertemuan mereka pada 20 Maret.

 

 

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/uni-eropa-tambah-anggaran-untuk-kirim-pasokan-militer-ke-ukraina/2845353

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi