Jumat, 19/04/2024 - 05:53 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Indef Nyatakan Dampak Kebangkrutan SVB ke Indonesia Kecil

ADVERTISEMENTS

Meskipun dampaknya kecil, pemerintah perlu mengkaji ulang tingkat kehati-hatian.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Friska Yolandha

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

FILE – Tanda Silicon Valley Bank diperlihatkan di San Francisco, 13 Maret 2023. Gugatan class action sedang diajukan terhadap perusahaan induk Silicon Valley Bank, CEO dan direktur keuangannya, dengan mengatakan bahwa perusahaan tidak mengungkapkan risiko yang akan ditimbulkan oleh kenaikan suku bunga di masa depan terhadap bisnisnya. Gugatan tersebut mencari ganti rugi yang tidak ditentukan untuk diberikan kepada mereka yang berinvestasi di Grup Finansial SVB antara 16 Juni 2021 dan 10 Maret 2023.

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Institute for Development of Economics and Finance (Indef) menilai, dampak kebangkrutan Silicon Valley Bank (SVB) terhadap perekonomian Indonesia secara langsung kecil. Alasannya, hubungan antara SVB dengan startup di Tanah Air tidak besar.

Berita Lainnya:
JBL Luncurkan Penggunaan Truk Listrik untuk Layanan Logistik

Wakil Direktur Indef Eko Listiyanto menjelaskan, kondisi fundamental perbankan di dalam negeri juga masih menggambarkan situasi yang sangat percaya diri. “Pada krisis 2008, Indonesia selamat dengan model bisnis perbankan kita yang tidak terlalu rumit dan tidak terkorelasi ke dunia internasional secara dalam,” jelasnya dalam Diskusi Online Indef, Kamis (16/3/2023).

Ia yakin perbankan nasional masih cukup kuat. Meski begitu, kata dia, bukan berarti Indonesia tidak melakukan apa pun. Eko menuturkan, negeri ini harus mulai mengkaji ulang tingkat prudensial atau kehati-hatian. Itu karena, sambungnya, keruntuhan SVB tetap berdampak secara tidak langsung ke Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Silaturahim ke Rumah Bahlil, Bos Freeport Berharap Kantongi Kepastian Izin Ekspor

“Tetap ada respons IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) memerah. Di luar sana AS (Amerika Serikat) dan Eropa situasi ini membuat panik dan membuat mereka tidak percaya ke industri perbankan,” tuturnya.

Lebih lanjut menurut Eko, dampak bangkrutnya SVB terhadap sektor keuangan lain harus segera ditangani. Jika tidak, bisa memicu resesi global, apalagi dampaknya sudah merembet ke Eropa.

“Sebetulnya kita liat inflasi cukup tinggi di negara maju, terutama pemulihan ekonomi. Maka bila pengendalian inflasinya dengan terus menaikkan suku bunga acuan, probably resesi tidak terhindarkan, kalau bank-bank sentral negara lain naikkan suku bunga, lama-lama juga resesi,” tegas dia. Eko menambahkan, kebangkrutan SVB dipicu oleh tingginya The Fed menaikkan suku bunga AS.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi