Jumat, 19/04/2024 - 17:51 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIFINANSIAL

UMKM Susah Catat Laporan Keuangan Bisa Pakai Aplikasi SIAPIK

ADVERTISEMENTS

Pengunjung mengamati bermacam produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Galeri Patrakomala Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Kota Bandung, Jalan Jakarta, Jumat (10/3/2023). Sedikitnya ada 70 produk UMKM karya warga Kota Bandung yang dipasarkan. Mulai dari pakaian, kerudung, topi, aksesoris, dan produk makanan. Pemasaran produk Galeri Patrakomala terus digencarkan untuk meningkatkan pengunjung dalam rangka mensejahterakan UMKM di Kota Bandung.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

LABUAN BAJO — Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Nusa Tenggara Timur mengajak pelaku UMKM memanfaatkan aplikasi pencatatan keuangan sederhana dari BI yakni Sistem Informasi Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan (SIAPIK).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“BI punya aplikasi SIAPIK yang bisa digunakan oleh siapa pun, jadi tercatat belanja berapa, modal berapa, keuntungan berapa, semua tercatat. Ini memudahkan UMKM dalam pencatatan transaksi,” kata Kepala Perwakilan BI Provinsi NTT S Donny H Heatubun usai kegiatan Sinergi Untuk Pariwisata Bangkit di Kawasan Wisata Gua Batu Cermin Labuan Bajo, Kamis (16/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Danareksa Minta PPA Lekas Selesaikan Penanganan 15 BUMN

SIAPIK adalah aplikasi keluaran BI untuk membantu para pelaku usaha dalam membuat catatan sederhana keuangan sehari-hari. Aplikasi ini memudahkan pelaku UMKM untuk menyusun laporan keuangan yang bisa digunakan sebagai referensi ke bank dalam menganalisa kelayakan pembiayaan UMKM.

Selain itu tujuan lain SIAPIK adalah meningkatkan akses keuangan, mendorong UMKM naik kelas, dan mendorong produktivitas UMKM. SIAPIK memiliki lima fitur yakni standar, mudah, aman, sederhana,dan handal atau yang dikenal dengan istilah S-M-A-S-H.

Berita Lainnya:
Erick Thohir Sediakan Bus Mudik Khusus Bagi Difabel

SIAPIK dapat digunakan untuk usaha perorangan dan badan usaha bukan badan hukum di sektor pertanian, jasa, perdagangan, manufaktur, perikanan tangkap, perikanan budidaya, dan peternakan. Output-nya adalah laporan neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas, laporan tren, dan laporan rasio keuangan

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Kelemahan kita itu soal pencatatan, jadi dengan SIAPIK kita bisa tahu belanja berapa, jual berapa, keuntungannya berapa,” kata Donny menjelaskan.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi