Sabtu, 20/04/2024 - 12:19 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIFINANSIAL

ECB Tetap Naikkan Suku Bunga Meski Perbankan dalam Kekhawatiran

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Bank Sentral Eropa (ECB) menaikkan suku bunga perbankan zona Eropa sebesar 0,5 persen. Langkah itu tetap ECB lakukan di tengah kekhawatiran makin tingginya biaya kredit akan memberi efek domino ke sektor perbankan setelah terjadi guncangan terhadap bank terbesar kedua di Swiss, Credit Suisse.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Dilansir The Independent, Kamis (16/3/2023), para petinggi ECB yang mewakili 19 negara anggota Eropa, mengatakan, inflasi yang tinggi sudah terlalu lama berlangsung. Hal itu memicu ECB tetap menjalankan rencananya menaikkan suku bunga. Kenaikan suku bunga ECB sebesar 0,5 persen mengerek suku bunga ke level 3,5 persen dan suku bunga deposito tiga persen. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Dalam pertemuan pada Februari lalu, ECB jelas mensinyalkan keinginan mereka menaikkan suku bunga pada Maret ini. Namun, pasar keuangan mengalami kondisi sangat berbeda akibat guncangan perbankan akhir pekan lalu.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
26 Tahun Kementerian BUMN, Semen Padang Gelar Pasar Murah, Mudik Gratis dan Bazar UMKM

Keputusan ECB menaikkan suku bunga yang bertujuan mengendalikan inflasi itu diumumkan beberapa jam saja setelah Bank Sentral Swiss menyampaikan tawaran pinjaman senilai 50 miliar franc Swiss (44 miliar euro) kepada Credit Suisse. Intervensi terhadap Credit Suisse diambil guna meredakan ketakutan pasar mengingat bank ini adalah satu dari 30 bank terbesar dunia yang dinilai berisiko bila dibiarkan kolaps (too big to fail).

Dalam paparannya, ECB sendiri tak menyebut spesifik soal Credit Suisse. ECB hanya menyatakan terus memantau perkembangan pasar dengan saksama dan akan merespons sesuai kebutuhan demi menjaga stabilitas harga dan sektor keuangan di Eropa.

“Sektor perbankan di Eropa berada dalam kondisi tangguh dengan modal dan likuiditas yang baik. Bila ada kondisi tertentu, kebijakan ECB siap kapan saja memberi bantuan likuiditas guna mendukung sistem keuangan Eropa dan menjaga transmisi kebijakan berjalan mulus,” ungkap ECB dalam pernyataannya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Mau Mudik Naik Kapal? ASDP Wajibkan Beli Tiket Maksimal H-1

Presiden ECB Christine Lagarde mengatakan, ECB akan memberi kebijakan berbeda antara penanganan ketegangan di pasar keuangan Eropa dengan upaya menurunkan inflasi. Ditanya soal kaitan kedua persoalan itu, Lagarde menyatakan, ECB tak melihat salah satu harus dikorbankan dan ECB akan menangani kedua isu secara terpisah.

“Kami tetap memperjuangkan agar inflasi kembali ke level dua persen dalam jangka menengah,” kata Lagarde.

Ia mengakui memang ada perdebatan di internal Dewan Gubernur ECB untuk sementara menyetop kenaikan suku bunga. “Namun, akhirnya keputusan menaikkan suku bunga 0,5 persen bisa disepakati dengan cepat,” kata Lagarde menambahkan.

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi