Kamis, 25/04/2024 - 08:50 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Garis Merah Dilukis Sepanjang Jalan Menuju MA Israel

ADVERTISEMENTS

Garis merah panjang terlukis di sepanjang jalan menuju Mahkamah Agung (MA) Israel pada Kamis (16/3/2023). Pengunjuk rasa melukisnya beberapa jam setelah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menolak kesepakatan kompromi perubahan aturan peradilan yang direncanakan pemerintahnya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

TEL AVIV — Garis merah panjang terlukis di sepanjang jalan menuju Mahkamah Agung (MA) Israel pada Kamis (16/3/2023). Pengunjuk rasa melukisnya beberapa jam setelah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menolak kesepakatan kompromi perubahan aturan peradilan yang direncanakan pemerintahnya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Polisi mengatakan, telah menangkap lima orang yang menyamar sebagai pekerja untuk melakukan aksi protes semalam. Rekaman drone menunjukkan sekelompok kecil orang dengan pakaian pelindung menyemprotkan garis merah di sepanjang jalan yang sebagian besar sepi di kompleks polisi dan hakim ke MA di Yerusalem tengah.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
PBB Desak De-eskalasi Perbatasan Israel-Lebanon

Slogan yang distensil dengan warna merah di jalan dalam bahasa Ibrani, Arab, dan Inggris di pinggir jalan berbunyi: “Menggambar garis.”

ADVERTISEMENTS

Upaya pemerintah sayap kanan untuk membatasi kekuasaan MA sambil meningkatkan kekuasaannya  dalam memilih hakim telah menyebabkan kekhawatiran di Israel dan luar negeri. Dalam “hari perlawanan”, para demonstran memblokir jalan di sekitar pusat komersial Tel Aviv dan di kota-kota lain.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Sedangkan di pelabuhan Haifa, beberapa pengunjuk rasa yang mengibarkan bendera di atas kapal, termasuk mantan anggota angkatan laut, mencoba memblokir jalur dok. “Kami di sini untuk memprotes demokrasi kami, negara kami, karena kami merasa negara kami diserang secara brutal oleh pemerintah, pemerintah Israel,” kata koreografer Renana Raz di Tel Aviv.

Berita Lainnya:
Pemerintahan Baru Palestina Harus Segera Siapkan Pemilu

Netanyahu telah menyuarakan keprihatinan atas rencana peradilan. Dia mengatakan usulan kompromi yang digariskan oleh Presiden Isaac Herzog tidak akan mengembalikan keseimbangan cabang-cabang pemerintahan.

Koalisi nasionalis-agama mengatakan, MA terlalu sering melampaui batas dan campur tangan dalam masalah politik. Padahal mereka menilai, badan itu tidak memiliki mandat untuk memutuskan. Pembela pengadilan mengatakan, itu adalah benteng demokrasi, melindungi hak dan kebebasan.

Ekonom, pakar hukum, dan mantan kepala keamanan telah memperingatkan bahwa rencana peradilan yang diusulkan akan mendatangkan malapetaka pada ekonomi negara dan mengisolasi Israel secara internasional. Namun Netanyahu mengatakan, itu akan memperkuat demokrasi dan meningkatkan bisnis.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi