Sabtu, 20/04/2024 - 08:55 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Iran Sepakat Berhenti Kirim Senjata ke Houthi di Yaman

ADVERTISEMENTS

Iran telah setuju untuk menghentikan pengiriman senjata ke sekutu Houthi di Yaman.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

DUBAI — Iran telah setuju untuk menghentikan pengiriman senjata ke sekutu Houthi di Yaman. Langkah ini diambil sebagai bagian dari kesepakatan untuk membangun kembali hubungan diplomatik dengan Arab Saudi yang ditengahi oleh Cina.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Wall Street Journal (WSJ) yang mengutip pejabat Amerika Serikat (AS) dan Saudi mengatakan, langkah Teheran untuk menghentikan pengiriman senjata akan mempercepat upaya mencapai perdamaian di Yaman. Karena dapat menekan kelompok militan Houthi untuk mencapai kesepakatan guna mengakhiri konflik.

ADVERTISEMENTS

Gencatan senjata yang disponsori PBB di Yaman tahun lalu hanya berlangsung enam bulan. Houthi menolak seruan untuk de-eskalasi dan perpanjangan gencatan senjata. Teheran secara terbuka menyangkal bahwa mereka memasok senjata ke Houthi. Tetapi inspektur PBB telah berulang kali melacak pengiriman senjata yang disita kembali ke Iran.

Berita Lainnya:
Iran Hadapi Dilema dalam Merespons Serangan Israel di Suriah

Para pejabat dari Saudi dan Iran mengatakan, Iran akan menekan Houthi untuk mengakhiri serangan terhadap Arab Saudi. Wall Street Journal melaporkan, Arab Saudi mengharapkan Iran menghormati embargo senjata PBB yang bertujuan untuk mencegah senjata mencapai Houthi, dan mengurangi kemampuan kelompok itu untuk menyerang Kerajaan Saudi dan menguasai lebih banyak wilayah di Yaman.

“Kesepakatan Saudi-Iran memulihkan hubungan diplomatik memberikan dorongan untuk prospek kesepakatan (Yaman) dalam waktu dekat, sementara pendekatan Iran terhadap konflik akan menjadi semacam ujian lakmus untuk keberhasilan kesepakatan diplomatik minggu lalu,” ujar seorang pejabat AS yang dikutip oleh Wall Street Journal, Kamis (16/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Utusan khusus PBB untuk Yaman, Hans Grundberg, terbang ke Teheran untuk berdiskusi dengan para pejabat tentang bagaimana mengakhiri perang Yaman. Grundberg kemudian akan terbang ke Riyadh. Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian meyakinkan Grundberg bahwa Teheran siap berbuat lebih banyak untuk membantu mengakhiri konflik di Yaman. Utusan khusus AS untuk Yaman, Tim Lenderking, juga bertemu dengan para pejabat Saudi dalam upaya untuk memulai pembicaraan damai.

Berita Lainnya:
FBI Khawatirkan Serangan Terkoordinasi Seperti di Rusia

 Arab Saudi dan Iran juga sepakat untuk membuka kembali kedutaan dan misi mereka dalam waktu dua bulan. Mereka menegaskan penghormatan terhadap kedaulatan negara dan tidak campur tangan dalam urusan internal negara. Pemulihan hubungan Saudi-Iran disambut secara luas oleh komunitas global.

“Karena Arab Saudi dan Iran sama-sama penting untuk keamanan kawasan, dimulainya kembali hubungan bilateral mereka dapat  berkontribusi pada stabilisasi kawasan secara keseluruhan,” ujar pernyataan Uni Eropa.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi