Jumat, 19/04/2024 - 07:18 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIENERGI

Wamen BUMN: Perdagangan Karbon Jadi Sumber Pendapatan Baru bagi BUMN

ADVERTISEMENTS

Polusi udara masih menyelimuti di Bangkok, Thailand, Jumat (27/1/2023). Menurut data Pusat Informasi Kualitas Udara Bangkok, kualitas udara di ibu kota Thailand tetap pada tingkat yang tidak aman, karena kualitas udara diperburuk oleh pembakaran pertanian dan kebakaran hutan. Departemen Pengendalian Polusi negara itu memperingatkan bahwa lebih banyak udara buruk diperkirakan terjadi di bulan Februari.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 JAKARTA– Pemerintah mendorong BUMN untuk memulai melakukan perdagangan karbon dan kegiatan jual beli kredit karbon (carbon credit). Hal ini mendorong para pembeli menghasilkan emisi karbon yang melebihi batas yang ditetapkan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Wakil Menteri BUMN I Pahala Mansury mengatakan kredit karbon adalah representasi dari hak bagi sebuah perusahaan untuk mengeluarkan sejumlah emisi karbon atau gas rumah kaca lainnya dalam proses industrinya. Satu unit kredit karbon setara dengan penurunan emisi satu ton karbon dioksida (CO2).

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
KAI Commuter Layani 8 Juta Penumpang Hingga Hari ke-8 Angkutan Lebaran

Indonesia menetapkan target penurunan emisi gas rumah kaca sebesar 29 persen dengan kemampuan sendiri dan 41 persen dengan dukungan internasional pada 2030. Sektor strategis yang menjadi prioritas utama yakni sektor kehutanan, energi dan transportasi yang telah mencakup 97 persen dari total target penurunan emisi NDC Indonesia.

Nationally determined contribution merupakan komitmen setiap negara terhadap persetujuan Paris untuk menurunkan emisi karbon di negara masing- masing. Pada dokumen nationally determined contribution 2021, melalui long term strategy – low carbon and climate resilience, Indonesia juga telah berkomitmen untuk mencapai net zero emission pada 2060.

“Ada banyak standar pemeringkatan dalam penilaian karbon. Namun, yang paling banyak dilakukan yakni standar nilai karbon yang diterapkan oleh Verra,” ujarnya dalam keterangan tulis, Sabtu (18/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Menurutnya nilai carbon offset yang diperdagangkan nilainya sekitar 20 — 40 dolar AS, sehingga BUMN bisa melakukan uji coba dengan harga setengahnya sebagai acuan.

Berita Lainnya:
Abu Dhabi Islamic Bank Dikabarkan Bakal Beli Saham BSI

Terkait nilai ekonomi karbon, Pahala menjelaskan, kemungkinan besar nilainya antara dua sampai tiga dolar AS. Nilai ekonomi karbon adalah nilai yang diberikan terhadap setiap unit emisi karbon. 

“Nilai ekonomi karbon penting diadakan karena dapat mendorong investasi hijau di Indonesia. Selain itu, nilai ekonomi karbon juga dapat mengatasi celah pembiayaan perubahan iklim yang selama ini terjadi,” jelasnya.

Ke depan, Pahala meminta BUMN dapat serius mulai melakukan transisi energi dengan berbagai cara seperti sinergi dan kolaborasi, sehingga kolaborasi antara BUMN untuk membangun kerja sama dalam menghasilkan energi dan menurunkan emisi bisa dilakukan. 

“BUMN kita juga bisa kerja sama dengan negara lain. Pada intinya, bagaimana BUMN bisa bersama-sama melakukan transisi energi,” ucapnya.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi