Rabu, 24/04/2024 - 11:38 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIFINANSIAL

Waspadai Volatile Food, Ekonom: Akan Jadi Penyumbang Inflasi 2023

ADVERTISEMENTS

Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Garut memantau ketersediaan dan kemanan produk pangan asal hewan di Pasar Ciawitali Kabupaten Garut, Jumat (17/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA– Center of Reform on Economics (Core) Indonesia menyebut laju inflasi pada tahun ini mayoritas akan dipengaruhi kelompok barang, seperti bahan makanan. Hal ini dikarenakan permintaan terhadap beragam produk barang mulai mengalami kenaikan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Ekonom Core Indonesia Yusuf Rendy mengatakan saat ini masyarakat sudah mulai membeli atau menyetok barang-barang keperluan Ramadan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Saya kira tahun ini pendorong inflasi lebih banyak volatile food, karena jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya kemungkinan dorongan inflasi dari harga-harga yang diatur oleh pemerintah,” ujarnya ketika dihubungi Republika, Sabtu (18/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Jokowi Ingin Petani Percepat Tanam Pascapanen

Rendy menyebut saat ini belum melihat adanya indikasi pemerintah akan melakukan berbagai kebijakan yang berkaitan dengan harga pada tahun ini, misalnya kebijakan tentang pajak ataupun kebijakan tentang harga BBM. Maka itu, langkah persiapan yang perlu dilakukan oleh stakeholder akan lebih banyak didorong oleh volatile food, sekaligus menjaga rantai pasok ataupun distribusi pangan terutama barang pangan strategis.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Seperti misalnya pada Ramadhan dan lebaran untuk menjaga agar harga pangan strategis itu bisa berada pada level yang aman,” ucapnya.

Berita Lainnya:
Pertamina Jamin Stabilitas Harga BBM Setelah Serangan Iran ke Israel

Ke depan menurutnya pemerintah bisa melakukan intervensi misalnya dengan melakukan operasi pasar dan pemantauan alur distribusi terutama dilihat dari lingkup level pusat dan daerah.

Selain itu, Bank Indonesia juga masih punya ruang untuk memainkan instrumen moneter. Hal ini untuk menjaga agar inflasi berada pada range target yang ditentukan titik.

“Jika dilihat dari apa yang sudah dilakukan BI sebelumnya, kebijakan suku bunga acuan yang mereka lakukan sifatnya lebih preemptive artinya sudah lebih dahulu mengantisipasi potensi kenaikan inflasi pada periode waktu yang lebih panjang,” ucapnya.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi