Sabtu, 20/04/2024 - 15:35 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Studio Rekaman PYCH Buka Peluang untuk Orbitkan Talenta Emas Musik Papua

ADVERTISEMENTS

 JAYAPURA — Generasi muda Papua kini bisa memanfaatkan studio rekaman musik yang terletak di Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Jayapura, Papua. Koordinator Studio Musik PYCH, Julio Faot mengatakan, studio tersebut dibuat untuk menjadi wadah bagi anak-anak muda Papua yang ingin melakukan rekaman musiknya. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Dia mengaku sangat tidak menyangka dengan adanya pembangunan studio musik oleh PYCH. Bahkan, dia menyebut hal itu sebagai mimpi yang menjadi kenyataan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Diharapkan, studio ini bisa mengorbitkan talenta-talenta musik dari para anak muda di Bumi Cenderawasih. Mereka tidak lagi perlu pergi ke kota-kota besar, karena PYCH menyediakan studio musik yang berstandar nasional. Sebab, di dalamnya telah tersedia alat musik lengkap dan berbagai peralatan penunjang perekaman musik secara profesional. 

ADVERTISEMENTS

“Studio rekaman ini menjadi salah satu kerinduan kita bersama anak-anak yang ada di Jayapura, karena studio musik yang ada di PYCH ada keunggulan yaitu fitur recording live,” ujarnya seperti dilansir dari Antara, Ahad (19/3/2023). 

Dia menjelaskan, meski terbilang baru didirikan, namun studio ini telah beberapa kali digunakan oleh beberapa grup musik ternama di Papua untuk latihan. Di antaranya yaitu grup Shine of Black (SOB), MAC, hingga Papua Akustik. 

Berita Lainnya:
Anak Buah Kaesang Diduga Lakukan Kekerasan Seksual terhadap Buzzer Wanita, Begini Kata PSI

Julio berharap, banyak anak Papua yang mau memanfaatkan studio musik PYCH untuk membuat karya musik. Dia juga menegaskan, tidak harus grup musik, namun para solois juga bisa menggunakan studio ini. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Ada dua yang tidak bisa lepas dari anak-anak Papua, yakni sepak bola dan musik. Di sini mereka bisa memfokuskan diri untuk belajar bersama-sama dan mengembangkan seni musik yang ada di tanah Papua melalui studio ini,” kata Julio. 

PYCH, disebut Julio, juga membuka ruang diskusi bagi grup musik yang ingin berkolaborasi untuk menggelar berbagai kegiatan di bidang musik. Seperti event musik di Papua hingga workshop-workshop tentang musik. 

PYCH sangat mendukung agar semakin banyak anak Papua bersuara emas yang bisa tampil untuk membanggakan tanah Papua. Untuk mendukung itu, Julio mengatakan bahwa PYCH sebelumnya juga telah menggelar Soundphoria Kids untuk mencari bakat menyanyi anak Papua berusia 7 hingga 12 tahun.

“Karena memang ternyata anak-anak Papua punya bakat seni, yang kadang baru bisa terlihat saat ada kegiatan-kegiatan seperti ini. Mereka pun punya keberanian untuk menunjukkan bakat dan karya mereka di depan kami,” kata Julio. 

“Saya mewakili semua teman-teman yang ada di PMI dan PYCH, khususnya di bidang seni musik, kami berterima kasih banyak buat Bapak Jokowi dan juga Kepala BIN Budi Gunawan yang memperhatikan kami untuk menunjang kreativitas kami. Ini akan kami gunakan untuk mengembangkan tanah Papua melalui karya musik,” kata dia. 

Berita Lainnya:
Soal Penonaktifan NIK, Pj Heru Sebut Ada Puluhan Ribu Warga Jakarta Sudah Pindah ke Daerah

Sementara itu, drumer grup musik Papua Akustik, Riboi Jr Fonataba mengaku takjub dengan studio musik PYCH. Hal ini diungkapkannya usai grup musiknya diberikan kesempatan untuk latihan di studio tersebut. 

“Studio musik PYCH ini adalah salah satu studio musik yang memenuhi standar yang baik sekali, baik dari segi alat musiknya dan peralatan penunjang lainnya. Bahkan saya berani mengungkapkan ini salah satu studio musik terbaik di Jayapura,” ungkap Riboi. 

Riboi pun mengaku senang dan bangga karena grup musiknya bisa menjadi bagian dalam peresmian gedung PYCH yang rencananya akan diresmikan Presiden Joko Widodo beberapa waktu ke depan. 

“Kesan kami sangat luar biasa, kamu sangat antusias karena alat-alat di sini masih baru, studionya baru. Kami sangat senang bisa mencoba studio yang sangat bagus ini. Ini bisa menarik minat anak-anak muda, khususnya di seni musik, untuk membangun talenta yang ada pada diri mereka,” kata dia. 

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi