Jumat, 09/06/2023 - 00:54 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

5 Situs Rujukan untuk Penulisan Karya Ilmiah

 JAKARTA – Jika Anda sedang mencari situs web untuk mencari refrensi karya ilmiah,  Anda sebaiknya tidak sembarang pilih. Ada beberapa situs web yang bisa Anda manfaatkan yang mencantumkan lengkap karya ilmiah yang Anda butuhkan.

Beberapa di antaranya ada termasuk situs web dalam negeri dan luar. Apa saja daftarnya? Yuk simak lima situs berikut:

1.Google Scholar

Google Scholar adalah mesin telusur web yang mengindeks teks lengkap atau metadata literatur ilmiah di berbagai format penerbitan dan disiplin ilmu. Situs web ini sangat dikenal di kalangan mahasiswa dan dosen.

Dirilis dalam versi beta pada bulan November 2004, indeks Google Scholar mencakup jurnal dan buku akademik daring yang diulas sejawat, makalah konferensi, tesis dan disertasi, pracetak, abstrak, laporan teknis, dan literatur ilmiah lainnya, termasuk opini pengadilan dan paten.

BACAAN LAIN:
BMKG: Waspadai Gelombang Tinggi Hingga 4 Meter

Google Scholar menggunakan perayap web atau robot web untuk mengidentifikasi file agar disertakan dalam hasil penelusuran. Agar konten dapat diindeks di Google Scholar, konten tersebut harus memenuhi kriteria tertentu yang ditentukan.

 

2.Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

LIPI merupakan Lembaga Pemerintah non Kementerian Republik Indonesia yang dikoordinasikan oleh Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN). LIPI berkiprah dalam bidang riset terkait penelitan, pengembangan, dan pemanfaatan ilmu pengetahuan di berbagai bidang. Hasil penelitian tersebut juga dicantumkan dalam jurnal. Anda bisa mengaksesnya gratis di https://lipi.go.id/publikasi

 

3.SAGE Journals

SAGE Journals mungkin lebih familier dikenal di kalangan para akademisi. SAGE Journals memiliki portofolio yang mencakup lebih dari 1.100 jurnal, satu juta artikel, dan 400 perkumpulan. Pada rilis 2022, SAGE menerbitkan jurnal terkemuka dengan sepuluh kategori. Di antaranya adalah Studi Keluarga, Geografi, Psikologi, Ilmu Sosial, dan Studi Wanita.

BACAAN LAIN:
Eropa Siapkan Misi Kargo Komersial Menuju Orbit Bumi

 

4.Oxford Journal

Oxford Journal bisa menjadi alternatif lain. Dikelola oleh Oxford University, Anda bisa menemukan jurna-jurnal yang memiliki topik yang sama yang akan Anda buat. Ada lebih dari 500 jurnal yang dipublikasi di sini.

 

5.E-Resources Perpusnas

Situs Perpustakaan Nasional (Perpusnas) yang dikelola oleh pemerintah mudah diakses. Ada jutaan koleksi yang tersedia dan bisa diakses dengan gratis. Ini akan berguna bagi Anda yang tidak sempat datang langsung ke Perpusnas.

Tak hanya bacaan buku, Perpusnas juga mempunyai koleksi jurnal daring, baik dari nasional maupun internasional. Anda bisa langsung mengunjungi https://e-resources.perpusnas.go.id/. 

 

Sumber: Republika

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi
Click to Hide Advanced Floating Content

Click to Hide Advanced Floating Content