Kamis, 18/04/2024 - 20:39 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Beijing Sebut RUU Asal-Usul Covid-19 Merupakan Serangan AS Terhadap Cina

ADVERTISEMENTS

Petugas keamanan mencoba mencegah fotografer mengambil gambar Institut Virologi Wuhan (WIV), Wuhan, Cina, 27 January 2021. Presiden AS Joe Biden meneken RUU tentang asal-usul Covid-19. Cina menanggap itu sebagai tindakan yang dapat mencoreng dan menyerang negaranya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

BEIJING — China mengungkapkan keberatannya dengan rancangan undang-undang (RUU) tentang asal-usul Covid-19. RUU yang ditandatangani Presiden AS Joe Biden tersebut dianggap sebagai serangan terhadap Cina.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Tanpa bukti apa pun, RUU tersebut menyebarkan teori ‘kebocoran laboratorium’ sehingga dapat mencoreng dan menyerang Cina,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina (MFA) Wang Wenbin dalam taklimat pers rutin di Beijing, Selasa (21/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
PBB Desak De-eskalasi Perbatasan Israel-Lebanon

Wang menganggap RUU itu kesalahan serius AS dalam menggambarkan fakta. Ia menyesalkan dan menolak RUU tersebut.

Menurut Wang, Cina telah berpartisipasi dalam penelusuran asal-usul Covid-19 secara global yang berbasis sains. Pihaknya menentang keras segala bentuk manipulasi politik terkait hal itu.

Menurut Wang, dia justru belum melihat sikap bertanggung jawab AS dalam melacak asal-usul Covid-19. Sebab, AS tidak pernah mengundang kelompok ahli dari WHO untuk memberikan data awal.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Erdogan: Netanyahu Biang Kerok Utama Ketegangan di Timur Tengah 

“Sebaliknya, AS menutup mata terhadap kekhawatiran dunia pada laboratorium biologi di Fort Detrick dan University of North Carolina, serta pangkalan biologi militer AS di seluruh dunia,” kata Wang.

Wang berpendapat bahwa memolitisasi pelacakan asal-usul Covid-19 hanya akan menghambat kerja sama berbasis sains, dan mengganggu solidaritas melawan virus itu. Langkah itu juga dinilai merusak mekanisme tata kelola kesehatan global.

“Kami sekali lagi mendesak pihak AS segera menghentikan upaya manipulasi politik dan menjadikan pelacakan asal-usul Covid-19 sebagai senjata,” ucapnya.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi