Jumat, 19/04/2024 - 00:15 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

AMERIKAINTERNASIONAL

Biden Keluarkan Veto Pertama Kali

ADVERTISEMENTS

WASHINGTON — Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengeluarkan veto pertama kepresidenannya pada Senin (20/3/2023). Tindakan ini merupakan tanda awal pergeseran hubungan Gedung Putih dengan Kongres sejak Partai Republik mengambil kendali House of Representatives pada Januari.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Biden berusaha menghentikan tindakan yang ditulis oleh Partai Republik yang akan melarang pemerintah mempertimbangkan dampak lingkungan atau potensi tuntutan hukum. Aturan ini diajukan saat membuat keputusan investasi untuk rencana pensiun.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Dalam sebuah video yang dirilis oleh Gedung Putih, Biden mengatakan, dia memveto tindakan tersebut. “Membahayakan tabungan pensiun individu di seluruh negeri,” ujar Biden.

ADVERTISEMENTS

Tindakan yang diveto oleh Biden akan secara efektif memulihkan larangan era Donald Trump terhadap manajer federal atas rencana pensiun. Aturan itu kini kembali mempertimbangkan faktor-faktor seperti perubahan iklim, dampak sosial, atau tuntutan hukum yang tertunda saat membuat pilihan investasi.

Berita Lainnya:
Biden: Ini Konflik Terburuk untuk Pekerja Kemanusiaan

Veto juga dapat membantu meredakan kemarahan dari para pecinta lingkungan yang kecewa dengan pemerintahan Biden atas keputusannya baru-baru ini. Pemerintah memberi lampu hijau pada proyek minyak Willow, sebuah proyek pengeboran besar dan kontroversial di Alaska.

“Presiden memveto RUU itu karena membahayakan tabungan hidup yang diperoleh dengan susah payah dari polisi, petugas pemadam kebakaran, guru, dan pekerja lainnya,” kata juru bicara Gedung Putih Robyn Patterson.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Tapi para kritikus mengatakan,investasi lingkungan, sosial, dan tata kelola mengalokasikan uang berdasarkan agenda politik, seperti dorongan melawan perubahan iklim, daripada mendapatkan keuntungan terbaik bagi para penabung. Partai Republik di Kongres yang mendorong tindakan tersebut mengatakan, pertimbangan lingkungan atau sosial dalam investasi oleh pemerintah hanyalah contoh lain dari menghidupkan kembali.

Berita Lainnya:
Biden Diam-Diam Setujui Pengiriman Lebih Banyak Bom dan Jet Tempur Baru ke Israel

“Dalam veto pertamanya, Biden hanya memihak membangunkan Wall Street atas pekerja. Memberitahumu dengan tepat di mana letak prioritasnya,” ujar Ketua House Kevin McCarthy menyatakan di Twitter pada Senin.

“Jelas Biden ingin Wall Street menggunakan tabungan pensiun Anda untuk mendanai tujuan politik sayap kirinya,” kata Republikan itu.

Veto Biden kemungkinan besar akan menang. Hanya tiga Demokrat di Kongres dengan satu di House dan dua di Senat  mendukung Partai Republik dalam masalah ini. Kondisi itu tidak mungkin dua pertiga mayoritas di kedua kamar dapat dikumpulkan untuk mengatasi veto Biden.

sumber : AP

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi