Sabtu, 20/04/2024 - 18:02 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Kinerja GoTo Diyakini Terus Membaik Didukung Pelanggan Loyal

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Kenaikan jumlah dan transaksi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) pada kuartal keempat 2022 terjadi di tengah meningkatnya penurunan biaya promosi dan pemasaran secara signifikan. Tercatat efisiensi sebesar 34 persen pada pos pengeluaran tersebut yang membuat perusahaan ekosistem digital terbesar di Indonesia ini merealisasikan pengurangan beban kuartalan sebesar Rp 2,8 triliun. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Penghematan tersebut didasarkan oleh strategi optimasi biaya promo dan pemasaran. Hal ini dimungkinkan terjadi karena Perseroan berhasil meningkatkan jumlah pelanggan loyal di segmen On-Demand Services dan ECommerce melalui berbagai layanan strategis dengan pertumbuhan pelanggan setia sebesar 19 persen secara year on year (yoy). 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Hasilnya, Gross Transaction Value (GTV) GOTO yang berasal dari pelanggan berkualitas tumbuh sebesar 33 persen dibandingkan tahun sebelumnya atau setara senilai Rp 613 triliun. Sementara take rate tahun 2022 pada segmen bisnis On Demand Services dan E-Commerce tumbuh masing-masing 234 bps dan 32 bps dibandingkan tahun sebelumnya.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Dampak Serangan ke Gaza, Israel Hadapi Boikot Ekonomi Hingga Budaya 

“Menurut kami, apa yang dapat menopang pertumbuhan ekosistem GOTO di masa mendatang bergantung pada pelanggan setianya. Berdasarkan pengamatan kami dalam dua tahun terakhir, Grab misalnya sebagai salah satu pesaing terdekatnya menghabiskan lebih banyak biaya promosi rata-rata hingga 6,4 persen dari ukuran platformnya sedangkan GOTO hanya menghabiskan 2,2 persen dari ukuran platformnya untuk promosi pada periode yang sama,” ungkap Research Analyst MNC Sekuritas, Andrew Sebastian Susilo, dalam risetnya, Senin (20/3/2023).

Dari situasi tersebut, kata Andrew, baik GOTO maupun Grab telah sama-sama memperjuangkan berakhirnya era bakar uang di industri on-demand dengan melakukan rasionalisasi biaya promosi pada tahun 2022. Sepanjang tiga kuartal pada tahun 2022 saja, promosi GOTO terhadap size platformnya telah menurun sebesar -220 bps, sementara Grab mengalami penurunan yang lebih tajam sebesar -270 bps. 

Berita Lainnya:
Ekonomi dan Keuangan Syariah Masih Perlu Ditingkatkan

“Memang untuk memberikan benchmark apple-to-apple cukup rumit karena kita juga perlu mempertimbangkan bahwa operasional Grab mengandalkan pengiriman, mobilitas dan fintech, sementara GOTO memiliki portofolio yang lebih lengkap dengan adanya bisnis e-commerce,” jelas Andrew.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Meski begitu, mengingat kelengkapan ekosistem GOTO yang tak tertandingi, lanjut Andrew, maka harus menguntungkan perusahaan untuk meningkatkan monetisasi lebih lanjut. Dengan memiliki portofolio yang komprehensif di seluruh ekosistem digitalnya, Andre yakin GOTO jauh lebih baik dalam menjaga loyalitas pelanggan. 

Selain efisiensi biaya promosi dan marketing, GOTO juga merealisasikan optimasi biaya dari perampingan struktur organisasi sehingga diyakini Andrew bisa lebih gesit dan produktif. Pada November 2022, GOTO mengikuti pendekatan pengoptimalan biaya opex (operational expenditure) terutama melalui perampingan jumlah karyawannya. 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi