Rabu, 24/04/2024 - 05:02 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Penerapan MLFF Dilakukan Selektif Mulai Akhir 2023

ADVERTISEMENTS

Sejumlah kendaraan melintas di Gerbang Tol Soreang-Pasir Koja (Soroja) di Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (18/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) akan melaksanakan sistem pembayaran tol menggunakan metode non-tunai nirsentuh dan nirhenti atau Multi Lane Free Flow (MLFF) secara selektif mulai akhir 2023.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Kami tetap berkomitmen bersama-sama teman-teman Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) pada akhir tahun ini sudah mulai melaksanakan (MLFF) secara selektif,” ujar Kepala BPJT Danang Parikesit dalam seminar daring diikuti di Jakarta, Selasa (21/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Menurut Danang, akan dilakukan penerapan MLFF secara selektif di ruas-ruas yang dinilai sudah siap untuk diimplementasikan. “Itu betul-betul harus kita jaga integritasnya dari sistem ini,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Jalan Tol Baru Ini Cetak Lonjakan Pengguna Sampai 14 Persen

BPJT Kementerian PUPR rencananya melakukan uji coba perdana MLFF di Jalan Tol Bali Mandara pada Juni 2023.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Danang mengatakan, uji coba MLFF perdana di Tol Bali Mandara tersebut merupakan barometer atau milestone penting dalam rangka melakukan pengujian terhadap aspek-aspek lainnya terkait MLFF, termasuk aspek regulasi.

“Uji coba ini merupakan suatu milestone penting untuk menguji integritas dari sistem yang dibangun secara teknologi. Kita pasti setelah uji coba ini memiliki milestone untuk melakukan uji coba lainnya yakni menguji keandalan regulasi supaya sistem MLFF ini bisa terlaksana dengan baik dan efektif di lapangan,” katanya.

Sebelumnya, Danang Parikesit mengatakan pihaknya sudah mengidentifikasi ada enam ruas tol yang akan diuji coba MLFF yakni Jagorawi, Jakarta-Cikampek, Tol Dalam Kota, Jakarta Outer Ring Road (JORR) termasuk Ulujami-Pondok Aren-Serpong, Bali Mandara, dan Balikpapan-Samarinda.

Berita Lainnya:
Hutama Karya Berlakukan Diskon Tarif 20 Persen di Tol Trans Sumatra, Ini Daftarnya

BPJT akan melihat respons masyarakat terkait pengetahuan dan pengalamannya dalam menggunakan aplikasi Cantas untuk MLFF ini.

Danang juga menambahkan, kuncinya adalah transisi di mana BPJT tidak sepenuhnya menggunakan aplikasi Cantas MLFF, namun masih ada gerbang-gerbang tol berbayar yang menggunakan kartu e-toll.

Kementerian PUPR telah melakukan pemasangan tiang sensor (gantry) MLFF di Tol Jagorawi Km 18+370 arah Ciawi dan JORR S Km33+635.

Gerbang tol akan difungsikan dengan gantry enforcement data capture. Jadi kendaraan yang melintas di gerbang MLFF akan diambil datanya dan data dari pengguna akan diproses di sistem pusat.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi