Sabtu, 20/04/2024 - 12:21 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

BMKG Deteksi 15 Titik Panas di Kalimantan Timur

ADVERTISEMENTS

BALIKPAPAN–Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan mendeteksi 15 titik panas di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Semua pihak diminta saling menjaga agar tidak terjadi titik panas lagi karena sejumlah kawasan masih berpotensi panas beberapa hari.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Sebaran titik panas tersebut telah kami informasikan kepada pihak terkait agar dapat dilakukan tindakan lebih lanjut,” kata Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Diyan Novrida di Balikpapan, Rabu (22/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Ia menjelaskan sebanyak 15 titik panas tersebut terpantau hari ini mulai pukul 01.00 hingga pukul 15.00 WITA. Temuan ini langsung disampaikan ke instansi terkait, terutama ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat Provinsi Kaltim maupun kabupaten masing-masing agar mendapat penanganan lebih lanjut.

ADVERTISEMENTS

Tiga hari sebelumnya, yakni Sabtu (19/3/2023), pihaknya juga mendeteksi sebanyak 11 titik panas yang tersebar pada tiga kabupaten di Kaltim. Yakni Berau, Kutai Kartanegara, dan Kutai Timur, namun titik panas tersebut telah padam setelah dilakukan penanganan oleh pihak terkait.

Berita Lainnya:
Kata Yusril, Refly Harun Kurang Canggih

Sedangkan 15 titik panas yang terpantau hari ini berada di titik koordinat berbeda, meskipun ada yang masih dalam satu kabupaten maupun kecamatan yang sama. Lalu, 15 titik panas yang terdeteksi Rabu (22/3/2023) ini tersebar pada tiga kabupaten, yakni di Kabupaten Kutai Barat ada 1 titik, Kabupaten Kutai Kartanegara 11 titik, dan Kabupaten Kutai Timur terdapat 3 titik panas.

Rinciannya adalah titik panas yang ada di Kabupaten Kutai Barat berada di Kecamatan Damai dan memiliki tingkat kepercayaan menengah. Kemudian, 11 titik panas yang terpantau di Kabupaten Kutai Kartanegara, tersebar pada enam kecamatan, yakni Kecamatan Loa Janan dan Loa Kulu masing-masing 1 titik, Kecamatan Kembang Janggut, Muara Kaman, Muara Wis masing-masing 2 titik, dan Kecamatan Kota Bangun terdeteksi 3 titik yang semuanya memiliki tingkat kepercayaan menengah.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Korupsi Politik Dibalik Gurita Bisnis Bahlil Dikuliti Jatam, Laporan Telah Sampai ke KPK

Sedangkan 3 titik panas yang berada di Kabupaten Kutai Timur, semuanya berada di Kecamatan Bengalon yang ketiganya memiliki tingkat kepercayaan menengah. Mengingat akhir-akhir ini kerap terpantau titik panas, maka ia mengimbau semua elemen sama-sama menjaga agar tidak terjadi kebakaran, seperti tidak membuang puntung rokok sembarangan, tidak melakukan pembakaran saat mengelola lahan, apalagi jika di kawasan tersebut ada hutan atau lahan yang mudah terbakar.

“Saat ini sebenarnya masih masuk musim hujan, namun terdapat peluang dalam beberapa hari tidak terjadi hujan berturut-turut di sejumlah kawasan, sehingga hal ini berakibat pada keringnya biomassa di lahan tertentu yang rawan terjadi kebakaran,” ujar Diyan Novrida.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi