Kamis, 25/04/2024 - 08:08 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIFINANSIAL

Ekonom: Penjaminan Dana Deposan di AS Redam Krisis Keuangan Global

ADVERTISEMENTS

Sejumlah orang terlihat di kantor Silicon Valley Bank di Santa Clara, California, Amerika Serikat, Jumat, 1 Maret 2023. Ekonom sekaligus Direktur Eksekutif Segara Research Institute Piter Abdullah mengatakan langkah regulator Amerika Serikat yang menjamin dana seluruh deposan di bank-bank yang ditutup, meredam krisis keuangan di negara tersebut menjadi krisis keuangan sistemik global.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Ekonom sekaligus Direktur Eksekutif Segara Research Institute Piter Abdullah mengatakan langkah regulator Amerika Serikat yang menjamin dana seluruh deposan di bank-bank yang ditutup, meredam krisis keuangan di negara tersebut menjadi krisis keuangan sistemik global.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
Berita Lainnya:
Perkuat Kepercayaan Konsumen, Rumah Cokelat Binaan MHU Selesaikan Sertifikasi Halal

“Langkah regulator AS menjamin dana deposan itu menjadi modal untuk meredam gejolak sistem keuangan di Amerika Serikat yang bisa berdampak sistemik ke sektor keuangan global, dan kepada kita,” kata Piter dalam OCBC NISP Business Forum di Jakarta, Selasa (21/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Ia menyebutkan penutupan perbankan di Amerika Serikat disebabkan oleh penarikan dana dari bank secara bersamaan oleh nasabah atau disebut juga dengan rush.

ADVERTISEMENTS

Adapun rush tersebut dipicu oleh kepercayaan nasabah yang berkurang lantaran keringnya likuiditas perbankan yang ditutup, salah satunya Silicon Valley Bank (SVB), akibat kenaikan suku bunga acuan bank sentral AS yang tinggi.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Jaga Kelancaran Pasokan BBM dan LPG, PIS Siapkan 326 Kapal

“Sebagian besar dana deposan di SVB tidak dijamin sebetulnya, karena melewati batas limit penjaminan. Tapi regulator AS mengatakan menjamin semua dan deposan, artinya regulator di AS sangat mengantisipasi,” kata Piter.

Menurutnya, penutupan perbankan di AS tidak akan berdampak kepada sektor keuangan Indonesia dengan kondisi yang cukup kuat saat ini.

“Kalau kita bercermin dari kondisi krisis keuangan global di 2008 dan 2009, kondisi keuangan kita relatif cukup kuat karena setelah 1997 dan 1998, regulator kita membatasi sekali sektor keuangan untuk terekspos dengan global,” kata Piter.

 

 

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi