Jumat, 19/04/2024 - 06:14 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Ikano Unpad Luncurkan Tiga Buku Memperkaya Referensi Kenotariatan

ADVERTISEMENTS

 BANDUNG — Program Studi Magister Kenotariatan Unpad bekerja sama dengan Ikatan Keluarga Alumni Notariat (Ikano) Unpad, meluncurkan tiga buah buku di Auditorium Perpustakaan Mochtar Kusumaatmadja Unpad, Selasa (21/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Acara peluncuran buku tersebut, mengangkat tema: “Menuju Notaris yang Proaktif dan Progresif Terhadap Perkembangan Hukum Nasional”. Ketiga  buku yang diluncurkan tersebut berjudul, “Implementasi Akta Perjanjian Pra Perkawinan dan Pasca Perkawinan oleh Notaris” karya Dr Habib Adjie SHMHum.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Judul buku kedua adalah, “Jangan Serakah Atas Harta Warisan” karya Dr I Made Pria Dharsana SHMHum. Buku terakhir, Notaris dan Kontrak Terkait Pembiayaan Berbasis Kekayaan Intelektual, karya Dr Ranti Fauza Mayana SH, Tisni Santika SHMH, dan Zahra Cintana SH MH. 

ADVERTISEMENTS

Prof Dr Ahmad M Ramli SH MH FCB Arb yang merupakan Guru Besar Fakultas Hukum Unpad memberikan sambutan terkait peluncuran buku ini. Prof Ramli menyambut baik dan menyampaikan selamat serta apresiasi kepada para penulis untuk peluncuran buku-buku pada acara ini.

Berita Lainnya:
Hotman Klaim Prabowo-Gibran De Facto Menang 12-0

Buku ini, kata Prof Ramli, tentu akan menambah referensi hukum kenotariatan serta ilmu hukum pada umumnya. “Sehingga ilmu hukum, sebagai ilmu yang tidak terlepas dari perkembangan masyarakat yang dinamis dapat selalu berupaya bergerak, tumbuh, adaptif dan progresif seiring dengan perkembangan masyarakat sendiri,” katanya.

Ketua MPR RI Dr H Bambang Soesatyo juga menilai, buku-buku tersebut mengangkat tema yang proaktif dan progresif serta aktual ini.  Terlebih dalam buku-buku ini terdapat ilmu mengenai perkembangan hukum nasional di dunia kenotariatan. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi notaris sebagai pejabat yang mengemban amanah dari negara untuk melaksanakan sebagian wewenang negara dalam ranah hukum privat yang tentunya sangat berkaitan erat dengan pelayanan masyarakat,” katanya. 

Berita Lainnya:
Tim Jihandak Lakukan Penyisiran Lokasi Ledakan di Gudmurah Ciangsana  

Pada pembahasannya, Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran (Unpad) Prof Dr Sonny Dewi Judiansih, memaparkan mengenai beberapa poin yang menjadi pembahasan pokok dalam buku-buku yang diluncurkan. Buku pertama yang berjudul “Implementasi Akta Perjanjian Pra Perkawinan dan Pasca Perkawinan oleh Notaris” karya Dr Habib Adjie  SHMHum mengelaborasi Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor  69/PUU-XIH/2015 yang memberikan dasar bagi waktu pembuatan perjanjian perkawinan yang tidak dibatasi pada saat sebelum dilangsungkan perkawinan. 

“Namun ini dapat dilakukan selama ikatan perkawinan tersebut berlangsung yang tentunya menimbulkan implikasi terhadap aspek-aspek hukum terkait praktik kenotariatan, misalnya menyangkut perkawinan maupun kepemilikan, perolehan serta peralihan aset, sehingga buku ini layak dijadikan referensi untuk para Notaris / PPAT dalam pelaksanaan jabatannya,” papar Prof Sonny Dewi. 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi