Jumat, 09/06/2023 - 01:11 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

FINANSIALEKONOMI

Jamin Harga Pangan Stabil saat Ramadhan, Mendag: Naiknya Nggak Banyak!

 MAGELANG — Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menjamin harga bahan pangan pokok stabil memasuki puasa Ramadhan 1444 H yang akan dimulai pada Kamis (23/3).

“Harga pangan, saya sudah keliling di Jawa Tengah, di mana-mana masih stabil, mudah-mudahan naiknya enggak banyak,” kata Zulkifli Hasan kepada media di Magelang, Jawa Tengah, Rabu (22/3/2023).

Mendag pun menyebutkan sejumlah komoditas yang harganya masih stabil pada H-1 Ramadhan di antaranya bawang, telur ayam, daging ayam dan beras Bulog yang masih murah di beberapa tempat seperti di Surabaya, Mojokerto dan Mamuju.

“Bawang Rp 30 ribu (per kg), daging ayam Rp33 ribu hingga Rp35 ribu (per kg) masih murah. Pasar di Mojokerto juga harganya malah di bawah lagi, barangnya tersedia banyak,” ucapnya.

BACAAN LAIN:
Revitalisasi Lokananta, Cara Erick Thohir Rawat Upaya Bung Karno

Tak hanya itu, Mendag juga menegaskan bahwa stok MinyaKitamasih banyak di pasar-pasar tradisional. Pihaknya sengaja tak mendistribusikan minyak subsidi tersebut ke ritel modern maupun marketplace karena memang ditujukan bagi kalangan menengah ke bawah.

“Kalau cari di marketplace engga ada, di ritel modern engga ada, kita kembalikan ke pasar dulu, karena memang minyak kita itu untuk ibu-ibu. Begitu sukses, begitu terkenal, semua orang cari MinyaKita, akhirnya premium pindah ke MinyaKita. Itu engga cukup, itu kita sudah tambah dari 300 ribu ton menjadi 400 ribu ton per bulan,” ucapnya.

Mendag pun berharap kestabilan stok dan harga pangan selama Ramadhan dan Lebaran 2023 ini bisa senantiasa terjaga.

“Jadi kita harap puasa dan Lebaran ini mudah-mudahan semuanya, bantu doa, kita kerja keras agar ketersediaan dan harga terjangkau,” kata dia.

BACAAN LAIN:
Menkeu: Harga Minyak 2024 Masih Diwarnai Ketidakpastian Global

Adapun berdasarkan data terakhir Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional harga komoditas pangan pada Rabu, 22 Maret cenderung turun sejak 3 hari terakhir.

Seperti beras Rp 13.250 per kg. Lalu, daging ayam Rp 35.000 per kg, daging sapi Rp 133.800 per kg, telur ayam Rp 29.850 per kg.

Kemudian harga bawang merah turun menjadi Rp 37.400 per kg, bawang putih Rp 33.500 per kg cabai merah Rp 49.700 per kg, cabai rawit Rp 60.350 per kg, minyak goreng Rp19.350 per kg dan gula pasir Rp 15.000 per kg.

sumber : Antara

Sumber: Republika

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi
Click to Hide Advanced Floating Content

Click to Hide Advanced Floating Content