Sabtu, 20/04/2024 - 10:38 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

GADGETTEKNOLOGI

Maksimalkan Ponsel Anda dengan 20 Fitur Bawaan Ini

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA—Ponsel pintar telah menjadi bagian tak terpisahkan dari keseharian banyak orang. Meski digunakan setiap hari, sebagian orang mungkin belum memanfaatkan beragam fitur dalam ponsel pintar mereka secara optimal.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Tiap ponsel pintar pada dasarnya hadir dengan beragam fitur bawaan yang bisa meningkatkan pengalaman menggunakan ponsel mereka. Sebagian fitur ini baru bisa diakses bila pengguna melakukan sedikit perubahan pada pengaturan ponsel pintar.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Setidaknya, ada 20 fitur bawaan dalam ponsel pintar yang bisa memaksimalkan pengalaman menggunakan ponsel namun jarang disadari oleh sebagian pengguna. Berikut ini adalah keduapuluh fitur tersebut, seperti dilansir GizChina.

ADVERTISEMENTS

Voice Typing

Salah satu fitur yang paling berguna dalam ponsel pintar adalah voice typing. Fitur ini dapat mentranskripsikan kata-kata yang diucapkan oleh pengguna menjadi teks. Penggunaan fitur ini bisa mempersingkat waktu dalam mengetik teks di ponsel pintar.

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Wi-Fi Hotspot

Sebagian besar ponsel pintar memiliki fitur Wi-Fi hotspot. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berbagi koneksi internet dengan pengguna lain di dekatnya, kapan saja. Fitur ini bisa diakses melalui opsi Wi-Fi hotspot dalam menu pengaturan.

 

Pembaca Kode QR

Seiring dengan meningkatnya popularitas kode QR, sebagian besar ponsel pintar kini telah memiliki fitur bawaan yang dapat membaca kode tersebut. Untuk bisa membaca kode QR, pengguna ponsel pintar cukup membuka aplikasi kamera mereka lalu arahkan kamera pada kode QR.

 

NFC

Ada semakin banyak ponsel pintar yang kini sudah dilengkapi dengan fitur NFC. Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk beragam hal, mulai dari melakukan pembayaran hingga berbagi dokumen. Fitur ini bisa diakses hanya dengan menyalakan opsi NFC pada ponsel pintar.

 

Perekam Telepon

Fitur perekam telepon memungkinkan pengguna ponsel pintar untuk merekam suara percakapan yang mereka lakukan melalui sambungan telepon. Fitur ini biasanya akan muncul secara otomatis pada layar ketika pengguna melakukan panggilan telepon. Pastikan opsi perekam telepon telah diaktifkan dalam pengaturan telepon.

 

Pembesar Layar

Sebagian pengguna ponsel pintar kerap kesulitan untuk membaca teks berukuran kecil pada layar. Fitur pembesar layar dapat membantu pengguna untuk melakukan zoom in pada layar ponsel. Fitur ini bisa diakses melalui opsi accessibility pada pengaturan ponsel.

Berita Lainnya:
Cara Menghindari Suhu Panas pada Laptop Gaming

 

Mode Satu Tangan

Ponsel pintar berukuran besar cenderung lebih sulit untuk dioperasikan dengan satu tangan. Fitur satu tangan pada opsi display di pengaturan ponsel memungkinkan pengguna untuk memperkecil layar ponsel. Dengan begitu, pengguna akan lebih mudah untuk menggunakan ponsel mereka dengan satu tangan.

 

Mode Hemat Baterai

Fitur battery saving atau penghemat baterai bisa sangat bermanfaat untuk memperpanjang masa hidup ponsel. Fitur ini akan sangat membantu bila baterai ponsel pintar cepat habis atau tinggal sedikit. Fitur ini dapat diakses melalui opsi pengaturan.

 

Temukan Ponsel Saya

Fitur Find My Phone dapat membantu pengguna melacak keberadaan ponsel mereka yang hilang. Fitur ini akan menggunakan GPS pada ponsel untuk melakukan pelacakan. Fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk membunyikan ponsel mereka. Fitur ini bisa diakses bila sudah dinyalakan dan ponsel memiliki koneksi internet.

 

Peta Luring

Meski umumnya diakses secara daring, peta juga dapat diakses secara luring atau offline. Fitur ini sangat berguna, khususnya ketika pengguna ponsel berada dalam area yang terpencil atau tak memiliki koneksi internet. Untuk menggunakan peta luring, unduh terlebih dahulu data peta dengan internet sebelum pergi ke area tersebut.

 

Senyapkan Notifikasi

Notifikasi ponsel bisa menjadi distraksi ketika pengguna harus fokus pada suatu hal. Akan tetapi, pengguna bisa mensenyapkan notifikasi dari aplikasi yang mereka inginkan agar tak lagi terganggu. Fitur ini bisa diakses dengan cara membuka menu pengaturan lalu memilih opsi notifikasi.

 

Pertolongan Emergensi

Sebagian besar ponsel pintar memungkinkan pengguna untuk mencari pertolongan dengan cepat melalui fitur Emergency SOS. Fitur ini bisa diakses dengan cara mengaktifkannya terlebih dahulu di menu pengaturan. Dalam beberapa kasus, fitur ini bisa diakses dengan cara menekan kombinasi tombol tertentu untuk mengaktifkannya.

 

Mode Gelap

Paparan layar yang terang dapat memunculkan perasaan tak nyaman pada sebagian pengguna ponsel. Dalam situasi seperti ini, tampilan ponsel bisa diubah menjadi mode gelap. Fitur mode gelap dapat diakses melalui opsi display pada pengaturan ponsel.

Berita Lainnya:
Mengapa Anak-Anak yang Kecanduan Teknologi Kelak Lebih Berisiko Terkena Psikosis?

 

Pesan Terjadwal

Bila ingin menulis pesan namun tak ingin segera mengirimkannya, fitur pesan terjadwal pada ponsel pintar bisa membantu. Fitur Scheduled Messages memungkinkan pengguna ponsel pintar untuk mengirimkan pesan di waktu yang telah ditentukan. Fitur ini bisa diakses bila pengguna ponsel pintar menggunakan aplikasi berpesan yang menunjang fitur Scheduled Messages.

 

Screen Time

Pengguna bisa mengetahui seberapa lama mereka menggunakan ponsel pintar melalui fitur Screen Time. Fitur ini juga menunjukkan seberapa lama pengguna membuka aplikasi tertentu dalam ponsel pintar. Fitur ini bisa diakses dengan cara membuka menu pengaturan dan memilih opsi Screen Time.

 

Navigasi Gestur

Sebagian besar ponsel pintar memiliki fitur navigasi gestur. Dengan fitur ini, pengguna bisa menavigasi ponsel hanya dengan gestur, alih-alih menekan tombol. Fitur ini dapat diakses melalui opsi navigasi pada pengaturan ponsel

 

Balasan Pesan Pintar

Smart Replies merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk membalas pesan dengan cepat menggunakan teks pesan yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Fitur ini dapat diakses bila pengguna memakai aplikasi berpesan yang menunjang fitur Smart Replies.

 

Riwayat Clipboard

Pengguna ponsel pintar yang sering melakukan copy-paste bisa memanfaatkan fitur ini. Fitur ini dapat menampilkan riwayat copy-paste yang dilakukan oleh pengguna sebelumnya.

 

Voice Typing

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mendikte kata demi kata di ponsel pintar. Fitur ini bisa sangat bermanfaat bila pengguna ingin menuliskan pesan namun sedang dalam perjalanan atau sedang mengalami kesulitan untuk mengetik di layar ponsel yang tak begitu besar. Fitur ini umumnya menempel dengan virtual keyboard pada ponsel.

 

Tangkapan Layar

Sebagian besar pengguna mungkin sudah cukup familiar dengan fitur tangkapan layar. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan gambar atau tulisan yang sedang tampil di layar. Untuk menggunakan fitur ini, cukup tekan tombol power dan volume down secara bersamaan.

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi